Find Us On Social Media :

Akibatnya Bisa Fatal! Mulai dari Infeksi Hingga Stroke, Ingat Hal-Hal yang Harus Dihindari Pasca Operasi Pasang Ring Jantung

Eek samping operasi pasang ring jantung

GridFame.id - Mau tahu informasi seputar operasi pasang ring jantung?

Banyak yang beluk memahami betul apa saja yang harus dihindari sebelum dan sesudah menjalani operasi pasang ring jantung.

Padahal jika sembrono, akibatnya bisa sangat fatal sampai mengancam keselamatan.Operasi bypass jantung atau pasang ring jantung merupakan tindakan bedah yang dilakukan untuk bisa meningkatkan sirkulasi peredaran darah pada pembuluh darah di jantung.Biasanya, operasi ini dilakukan ketika seseorang mengalami penyumbatan di pembuluh arteri rusak atau tersumbat untuk menghindari gagal jantung.Tindakan operasi ini biasanya dilakukan dengan membelah bagian dada atau torakotomi di mama dokter akan membuat sayatan di bagian tengah dada dan membuka tulang rusuk agar bisa memiliki akses ke jantung.

Dokter akan mengambil pembuluh darah sehat dari paha untuk memperbaiki pembuluh darah yang rusak atau membantu menyambungkan bagian pembuluh darah yang tersumbat.

Saat sudah disambungkan atau diperbaiki, ahli bedah akan memeriksa apakah pembuluh darah tambahan tersebut sudah bekerja dengan semestinya.

Terakhir, ahli bedah akan menjahit kembali sayatan dan memberikan perban untuk selanjutnya dibawa ke ruang ICU guna mengontrol pemulihan.

Bukan hanya berisiko, ada beberapa efek samping yang mungkin dialami pasien pasca menjalani operasi pasang ring jantung.

Untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan, sebaiknya ketahui apa saja yang harus dihindari pasca operasi.

Simak informasi berikut ini.

Baca Juga: Simak Risiko Operasi Kelenjar Getah Bening di Leher, Jangan Heran Saat Pipis Keluar Hal Ini

Efek Samping Operasi Pasang Ring Jantung

Ada beberapa hal yang mungkin terjadi setelah pasien menjalani operasi pasang ring jantung, diantaranya: 

1. Infeksi

Ada kemungkinan timbul risiko infeksi luka, infeksi paru-paru, infeksi kandung kemih, dan infeksi katup jantung (endokarditis) akibat pemasangan ring jantung.