Find Us On Social Media :

Obat Sirup Disetop Sementara, Kasus Gagal Ginjal Akut Meningkat Apa Solusi Obat Pengganti Bila Anak Demam? Begini Kata Kemenkes

Obat sirup disetop sementara lantas apa obat pengganti bila anak demam?

GridFame.id - Baru-baru ini ramai kabar terkait pelarangan penggunaan paracetamol, lantas bagaimana solusi obat penggantinya bila anak demam?

Kemenkes bahkan telah meminta seluruh apotek tidak menjual obat secara bebas dalam bentuk cair maupun sirup untuk sementara waktu.

Larangan ini berlaku sampai penelusuran dan penelitian yang dilakukan Kemenkes bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terhadap gangguan ginjal akut benar-benar tuntas.

Kasus gagal ginjal sendiri terbilang melonjak, dalam dua bulan terakhir, kasus yang menyerang anak-anak usia 6 bulan-18 tahun mengalami peningkatan.

Kasus Gagal Ginjal Akut Meningkat

Mengutip informasi di laman Kemkes.go.id, per tanggal 18 Oktober 2022, sebanyak 189 kasus telah dilaporkan.

Dari data tersebut, kasus paling banyak didominasi usia 1-5 tahun. 

Sebagai informasi, dugaan gangguan ginjal akut misterius karena keracunan (intoksikasi) etilen glikol baru muncul setelah terjadi kasus serupa di Gambia.

Puluhan anak di negara itu meninggal karena mengonsumsi parasetamol sirup produksi India yang mengandung senyawa etilen glikol.

Sirup tersebut, yakni Promethazine Oral Solution, Kofexmalin Baby Cough Syrup, Makoff Baby Cough Syrup, dan Magrip N Cold Syrup.

Keempatnya diproduksi oleh Maiden Pharmaceuticals Limited, India.

Baca Juga: Batuk Anak Tak Kunjung Sembuh Ketahui Penyebabnya, Jangan Sembarangan Beri Sirup Obat Batuk! Ada yang Diduga Malah Sebabkan Gagal Ginjal Akut