GridFame.id - Apa yang menyebabkan pengguna gagal menghapus akun Shopee?
Ternyata ada beberapa penyebab gagal hapus akun Shopee di ponsel.
Bagi sebagian orang, hapus akun Shopee sangatlah mudah.
Bahkan tanpa perlu banyak syarat, penghapusan akun Shopee bisa langsung dipenuhi.
Namun bagi sebagian orang menghapus akun Shopee memiliki proses yang rumit.
Pasalnya ada banyak kendala yang menyebabkan permintaan hapus akun Shopee ditolak.
Salah satunya karena pengguna masih memiliki tanggungan cicilan Shopee Paylater.
Tentu pengguna diwajibkan melunasi tagihan Shopee Paylater sebelum menghapus akun.
Namun ternyata bukan hanya itu saja penyebab permintaan hapus akun ditolak.
Simak di sini hal-hal yang menyebabkan permintaan hapus akun ditolak pihak Shopee.
Apa saja?
Baca Juga: Ada 3 Syarat yang Harus Dipenuhi, Begini Cara Transfer Saldo DANA ke ShopePay dan Sebaliknya
Penyebab Permintaan Hapus Akun Ditolak
Berikut adalah kemungkinan alasan mengapa permintaan penghapusan akun Anda ditolak:
1. Akun Anda dibatasi/dibekukan
Akun Anda mungkin dibatasi jika telah terdeteksi terlibat dalam aktivitas mencurigakan yang melanggar Syarat & Ketentuan Shopee termasuk pembuatan pesanan palsu, penyalahgunaan voucher atau promo, penipuan, dan banyak lagi.
2. Anda masih memiliki uang di saldo ShopeePay atau transaksi yang sedang berlangsung.
Anda hanya dapat meminta penghapusan akun ketika saldo ShopeePay Anda nol.
Jika Anda masih memiliki saldo ShopeePay, silakan pindahkan ke rekening bank Anda.
Pastikan bahwa setiap transaksi yang sedang berlangsung, seperti penarikan atau transfer saldo ShopeePay, diselesaikan sebelum Anda meminta penghapusan akun.
3. Nomor telepon Anda sudah terlalu sering digunakan untuk mendaftar akun Shopee.
Hubungi Customer Service Shopee untuk memberikan informasi mengenai adanya beberapa pendaftaran terkait dengan nomor telepon Anda.
Baca Juga: Simak Tanggap Berapa Shopee Paylater Tutup Buku, Jangan Sampai Keliru!
4. Anda masih memiliki pesanan yang sedang berlangsung.
Pastikan semua pesanan Anda telah selesai, termasuk yang masih dikirim atau dalam proses untuk pengembalian barang/dana, sebelum meminta penghapusan akun.
Sebuah pesanan dianggap selesai hanya jika dana untuk transaksi tersebut telah dibayarkan.
Misalnya, pengembalian dana harus diberikan kepada Pembeli atau pembayaran harus diberikan kepada Penjual agar pesanan dianggap selesai bagi kedua belah pihak.
5. Anda telah melampaui batas penghapusan akun
Anda hanya dapat menghapus akun yang dibuat dengan nomor telepon yang sama (2) dua kali.
Misalnya, jika Anda menghapus akun sekali dan mendaftar lagi menggunakan nomor telepon yang sama, Anda hanya dapat menghapusnya sekali lagi.
Jika Anda mendaftar untuk ketiga kalinya dengan nomor telepon yang sama, Anda tidak akan bisa menghapus akun tersebut.
6. Anda memiliki tagihan SPayLater/SPinjam di Shopee
Periksa apakah Anda memiliki tagihan SPayLater/SPinjam sebelum meminta penghapusan akun.
7. Anda masih memiliki uang di saldo Penjual atau transaksi yang sedang berlangsung.
Anda hanya dapat meminta penghapusan akun ketika saldo Penjual Anda nol.
Jika Anda masih memiliki saldo Penjual, pindahkan ke rekening bank Anda.
8. Akun Anda terhubung dengan akun Mitra Shopee.
Hubungi Customer Service Shopee untuk mengetahui akun yang terhubung dengan Mitra Shopee.
Baca Juga: Begini Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Shopee, Ada Sanksi Bila Telat Bayar! Jangan Sampai Nyesel