Find Us On Social Media :

Ternyata Dana Salah Transfer Bisa Menjadi Milik Nasabah Sepenuhnya Ini Aturannya

Dana salah transfer

GridFame.id – Pernahkah Anda mendapat kiriman dana salah transfer di rekening ATM?

Tahukah, ternyata dana salah transfer bisa menjadi milik nasabah yang menerimanya.

Mengenai soal salah transfer dana mewajibkan bank untuk segera membuktikan adanya kekeliruan transfer tersebut kepada penerima dan berbagai perlindungan berlaku ntuk konsumen sebagai bentuk kepastian hukum.

Hal ini dijelaskan pada diskusi yang diselenggarakan Indonesian journalist of Lawa bertajuk ‘Kupas Tuntas Perlindungan Konsumen dalam UU Transfer Dana’ di Jakarta.

Dalam keterangan yang diperoleh di Jakarta, diskusi membahas esensi pasal 85 Undang-undang Nomor 3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana, yang selama ini menjadi hantu bagi setiap nasabah bank.

Ahli Risk Management, Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sulastri mengupas tuntas terkait masalah dalam transfer bank.

Salah satunya soal menerima transfer dana yang berujung pidana di Pengadilan.

Padahal setiap konsumen yang menjadi nasabah bank memiliki hak konsumen yakni hak untuk mendapatkan informasi yang benar, jelas dan jujur juga jaminan keamanan  dan kepastian hukum dari pelaku penyedia jasa keuangan.

“Ada dana yang masuk ke konsumen atau nasabah dan tidak diketahui dana dari mana, konsumen sudah menyampaikan kepada pelaku usaha bahwa menerima transfer, ini merupakan wujud tikad baik konsumen,” jelas.

Artinya nasabah yang menerima dana hasil transfer yang bukan haknya wajib mengembalikan.

Setiap orang yang menguasai dana hasil transfer yang bukan haknya terancam penjara atau sanksi denda.

Hal ini sebagiamana tertulis dalam pasa; 85 UU Nomor 3 Tahun 2011 yang mana disebutkan dana hasil transfer yang diketahui atau patut diketahui dan bukan haknya dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp5 milliar.