Find Us On Social Media :

Duh, Ternyata Bukan Cuma Tambah 1000 Rupiah! Simak Perbedaan Biaya Layanan dan Biaya Penanganan Shopee Sebelum Checkout Pesanan

Perbedaan biaya layanan dan biaya penanganan Shopee

GridFame.id - Shopee menjadi salah satu aplikasi belanja online favorit masyarakat Indonesia.

Aplikasi ini telah digunakan jutaan masyarakat Indonesia karena banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan.

Ada ribuan jenis barang tersedia di Shopee.

Berbagai fitur juga disediakan untuk mempermudah pengguna dalam bertransaksi.

Pengguna bisa membeli tiket kereta, pesawat, bioskop, bayar listrik, tagihan PDAM hingga BPJS Kesehatan di satu aplikasi saja.

Ditambah lagi Shopee memiliki metode pembayaran yang beragam mulai dari Shopeepay, Shopeepaylater, COD hingga kartu kredit.

Dinilai murah dengan bonus voucher gratis ongkir ke seluruh Indonesia, Shopee membuat belanja kini jauh lebih mudah.

Apalagi Shopee kerap memberikan diskon besar-besaran serta cashback.

Namun belum lama ini, Shopee menetapkan biaya layanan untuk setiap transaksi di aplikasinya.

Adapun biaya layanan Shopee yang dikenakan sebesar Rp 1.000 untuk setiap transaksi produk fisik melalui situs atau aplikasi perusahaan tersebut.

Namun bukan hanya biaya layanan, ternyata ada juga biaya penanganan di Shopee, simak ini perbedaannya.

Baca Juga: Ada Banyak Kategori Grup, Ternyata Segini Besaran Biaya Layanan Untuk Penjual di Tokopedia dalam Satu Kali Transaksi

Apa Perbedaan Biaya Layanan dan Biaya Penanganan Shopee?

Biaya Layanan adalah biaya yang digunakan untuk mengembangkan teknologi Shopee agar dapat melayani Pelanggan dengan lebih baik lagi.

Biaya Layanan mulai diterapkan per tanggal 23 Oktober 2022 untuk transaksi melalui situs atau aplikasi Shopee senilai Rp1.000 per transaksi.

Biaya Layanan tidak berlaku untuk transaksi Produk Digital seperti Keuangan, Zakat, dan Donasi yang dibeli melalui halaman Pulsa, Tagihan, dan Tiket.

Anda akan dikenakan Biaya Layanan setelah melakukan 4 (empat) kali transaksi dengan menggunakan metode pembayaran apa pun tanpa minimum pembelian, terhitung sejak memiliki akun di Shopee.

Dengan demikian, biaya layanan mulai dikenakan pada transaksi ke-5 setiap akun Shopee dan seterusnya.

Biaya layanan pun dikenakan dalam setiap transaksi.

Artinya, apabila pengguna melakukan satu transaksi dari dua toko yang berbeda, maka biaya layanan yang dikenakan tetap sebesar Rp 1.000.

Apabila transaksi dibatalkan, maka Biaya Layanan akan dikembalikan mengikuti Syarat dan Ketentuan yang berlaku.

Biaya Layanan berbeda dan terpisah dari Biaya Penanganan.

Baca Juga: Ini yang Akan Terjadi Jika Telat Bayar Shopee Paylater 2 Bulan Siap-Siap Bayar Denda Segini

Biaya penanganan adalah biaya yang dikenakan ke Pembeli untuk setiap checkout yang berhasil.

Biaya penanganan dihitung dari total transaksi.

Biaya penanganan bervariasi tergantung pada metode pembayaran.

Biaya Penanganan dikenakan untuk metode pembayaran tertentu sesuai dengan Syarat dan Ketentuan terkait Biaya Penanganan.

Biaya ini akan dipotong secara otomatis melalui sistem Shopee saat dana hasil penjualan dilepaskan ke Saldo Penjual.

Per 18 Maret 2021, biaya penanganan untuk pembayaran menggunakan semua jenis kartu kredit/debit online dengan pembayaran penuh tidak dikenakan biaya penanganan (0%).

Per 1 Mei 2022, metode pembayaran Transfer Bank (Dicek Manual) telah dinonaktifkan.

Per 1 Juni 2022, khusus cicilan 0% kartu kredit Mayapada akan dikenakan biaya transaksi Rp20.000 sesuai dengan ketentuan pihak bank.

Biaya tersebut akan tercermin dalam tagihan bulanan kartu kredit.

Baca Juga: Apa Shopee Paylater Bisa Diuangkan? Jangan Sampai Kena Sanksi!