Find Us On Social Media :

Ogah Repot dengan Tagihan? Simak Cara Supaya HP Tidak Bisa Terlacak Lokasinya!

GridFame.id - Apakah Anda terganggu dengan tagihan?

Memang ada baiknya kita menyelesaikan semua utang dan tagihan.

Namun ada kalanya tagihan sangat mengganggu sampai diteror lewat nomer handphone atau dihampiri ke rumah.

Nah, ternyata lokasi kita bisa terlacak oleh Google loh!

Seringkali kita mengira dengan menonaktifkan fitur riwayat lokasi atau layanan lokasi suatu perangkat maka secara otomatis Google tidak akan mampu melacak dan mengumpulkan data lokasi apa pun dari perangkat yang sedang kita gunakan.

Namun nyatanya, hal tersebut ternyata sia-sia.

Pasalnya Google masih dapat melacak lokasi pengguna meskipun dengan 'riwayat lokasi' yang telah dinonaktifkan sekalipun.

Sebagaimana yang dilansir dari laman resmi businessinsider.com, yang diunggah pada Agustus 2018 silam, Eksklusif Associated Press baru-baru ini menunjukkan bahwa Google akan melacak dan menyimpan beberapa data lokasi Anda.

Bahkan jika Anda menonaktifkan pengaturan 'riwayat lokasi'.

Cara Supaya HP Tidak Bisa Dilacak Lokasinya

Akan tetapi jangan khawatir, Anda akan tetap dapat menonaktifkan pelacakan lokasi Google sepenuhnya baik menggunakan perangkat iOS atau Android dengan menggunakan langkah-langkah berikut ini:

Cara Mematikan Pelacakan Google di Android

1. Pengguna cukup membuka menu 'Setelan' atau 'Pengaturan',2. Kemudian klik menu 'Google' pada bagian pengaturan android google.3. Selanjutnya, klik 'Akun Google'.4. Pada bagian akun google android Klik tab "Data & personalisasi". Pada bagian ini anda akan melihat tombol untuk membuka 'Aktivitas Web & Aplikasi' dan 'Riwayat Lokasi'.5. Kemudian buka keduanya dan matikan. Maka secara otomatis kontrol aktivitas android Google Anda sudah siap dinonaktifkan.

Baca Juga: Berikut 3 Cara Menghubungi Call Center Shopee Untuk Pengaduan Layanan Pelanggan

Cara Mematikan Pelacakan Google di iOS atau iPhone

1. Pengguna iOS dapat membuka menu 'Kontrol Aktivitas' dengan mengaksesnya padanlaman https://myaccount.google.com/activitycontrols di browser2. Kemudian masuk ke akun menggunakan kredensial pengguna3. Lalu hapus centang pada tombol 'Aktivitas Web & Aplikasi' di halaman tersebut4. Selanjutnya, gulir ke bawah sedikit dan hapus centang pada tombol 'Riwayat Lokasi' riwayat lokasi iphone.5. Maka setelah menerapkan langkah tersebut, secara otomatis aktisifasi akun Geogle iOS anda sudah dinonaktifkan.

Baca Juga: Nah Loh! Ternyata BKN Tak Sarankan Ikut Bimbel Untuk CPNS, Kenapa Ya?