GridFame.id - Jika Anda pengguna
Modus penipuan ini dilakukan melalui pesan chat saat order sedang berlangsung.
Oknum penipu akan mengirimkan pesan mencurigakn dan meminta calon korban menghubungi nomornya dengan format sesuai yang diinfokan.
Melalui modus ini, oknum pelaku akan memberikan alasan agar target menghubungi mereka dengan format nomor yang spesifik seperti yang contoh di atas.
Baca Juga: Lupa Bawa e-Toll? Begini Cara Praktis Bayar Tol Pakai Gopay Anti Ribet!
Kode yang diinfokan di sini adalah kode untuk mengalihkan nomor telepon.
Kode nomer akan berbeda-beda tergantung dari penyedia layanan telekomunikasi yang digunakan oleh Driver.
2. Modus Driver Mendapatkan Bonus
Oknum penipu yang mengaku sebagai pihak Gojek dan memberi informasi palsu bahwa mitra mendapatkan bonus dari Gojek.
Kemudian oknum akan meminta data pribadi mitra pengemudi.
Mitra diminta untuk “menitipkan” atau “memindahkan sementara” sejumlah uang dari rekening agar mendapat bonus.
Kemudian mitra diminta untuk ditransfer sejumlah uang ke nomor rekening atas nama pribadi.
Modus penipuan Gopay lain yang sering dilaporkan adalah:
- Pembelian jual beli barang (termasuk yang berhubungan dengan game esports: Mobile Legends, Free Fire, dll.), jasa, ataupun pengisian saldo (top up) ke bank/akun seseorang kemudian penipu memblokir kontakmu agar tidak bisa melanjutkan percakapan
- Memenangkan undian dengan hadiah berupa voucher, cashback, promo, atau uang tunai
- Meminta kamu untuk mentransfer sejumlah uang atau saldo GoPay
- Meminta kamu untuk membagikan kode OTP/PIN/Login Link
Solusi Penipuan Gopay
Kita bisa langsung melaporkan penipuan kepada pihak Gojek.
Selain menggunakan sistem pendeteksian, mereka juga secara aktif menginvestigasi setiap laporan penipuan secara manual dan hati-hati untuk memastikan bahwa kasus-kasus yang dilaporkan ditangani secara tepat dan ditindak dengan tegas.
Jadi, semakin detail laporan, akan semakin membantu GoPay menjadi lebih aman.
Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Gopay Tidak Bisa di Upgrade, Coba Periksa e-KTP Deh!
Makanya, kita butuh bukti untuk melaporkan penipuan ini.
Bukti yang dibutuhkan untuk pelaporan:
- Bukti screenshot/foto percakapan
- Detail kontak penipu (nomor telepon/WhatsApp, nama akun media sosial, dll)
- Bukti transfer (jika kehilangan uang)
- Surat laporan dari kepolisian (jika ada)
Selain melaporkan ke Gojek, kita juga bisa melaporkan penipu melalui platform yang mereka gunakan untuk menipu (contoh: sosial media, aplikasi).
Jangan khawatir karena saldo akan kembali jika laporan sudah diterima pihak Gojek.
Semoga membantu!
Baca Juga: Cara Scan QRIS Gopay Pakai Gopaylater