Find Us On Social Media :

Waspada! Marak Penipuan Telkom dan IndiHome Palsu, Bakal Diminta Uang Tunggakan Hingga

GridFame.id - Bagi pelanggan Telkom dan IndiHome mohon berhati-hati!

Soalnya ada modus penipuan baru yang mengatasnamakan Telkom dan IndiHome.

Kalau sampai lalai, jangan sampai uang melayang.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mengimbau pelanggan untuk berhati-hati terhadap modus penipuan berkedok customer service palsu.

VP Marketing Management Telkom E. Kurniawan mengatakan, modus penipuan yang marak terjadi saat ini adalah permintaan untuk melakukan transaksi sejumlah uang melalui nomor rekening pribadi untuk membuka blokir atau tagihan yang menunggak.

"IndiHome mengimbau kepada pelanggan dan seluruh masyarakat untuk selalu berhati-hati terhadap berbagai macam modus penipuan yang mengatasnamakan Telkom," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (12/1/2023).

Ia menjelaskan, modus penipuan ini diduga menggunakan calling machine otomatis yang secara langsung mengarahkan pelanggan untuk berbicara kepada customer service palsu dengan menekan angka 9 atau 1 di telepon.

Kemudian pelaku akan menyampaikan bahwa nomor pelanggan telah disalahgunakan sehingga adanya tunggakan yang harus diselesaikan dan akan diteruskan kepada pihak yang berwenang.

Modus penipuan yang dilakukan kerap kali berujung pada pemindahan sejumlah uang pelanggan kepada pelaku penipuan.

Untuk itu, kata dia, sebagai tindak preventif pelanggan diharapkan untuk senantiasa menjaga kerahasiaan data pribadi yang dimiliki yakni, nomor KTP, OTP, dan nomor rekening tabungan.

Selain itu, pelanggan diharapkan untuk tidak melakukan kegiatan transaksi apapun yang ditujukan ke nomor rekening pribadi maupun menanggapi telepon yang mengatasnamakan Telkom yang diterima dari nomor personal tidak dikenal.

Baca Juga: Alami Kecelakaan saat Naik Grab? Klaim Asuransinya dengan Cara Ini