Find Us On Social Media :

Waspada! Pinjol Legal dan Ilegal Bisa Akses IMEI HP, Akibatnya Bisa Lihat Ini Semua!

GridFame.id - Benarkah pinjol bisa menyadap IMEI kita?

Pada dasarnya, nomor IMEI adalah sejenis nomor identitas untuk ponsel kita.

Keberadaannya sangat penting untuk membuktikan HP benar-benar asli dan bukan merupakan produk black market (BM) alias ilegal.

Selain itu, IMEI juga punya banyak fungsi lainnya seperti mengecek garansi hingga melacak HP yang hilang.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pernah menyebut kalau pinjol legal memiliki akses ke Camilan atau yang merupakan singkatan dari Camera, Microphone, dan Location.

Nah, sayangnya beberapa waktu lalu ada kejadian di mana pinjol bisa mengakses IMEI ponsel kita.

Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea sendiri yang menangani kasusnya dan mewanti-wanti ponsel pengguna pinjol bisa diakses dan merusak citra nama baik keluarga dengan menyebar foto.

"Hati-hati IMEI handphone mu. Sekali orang lain tahu, bakal dapat masalah besar," kata Hotman Paris seperti yang dikutip melalui akun Instagramnya.

Hotman Paris menjelaskan nomor IMEI tersebut bisa diambil sebelum pinjaman uang dicairkan.

IMEI tersebut nanti bisa digunakan saat pelanggan tidak bisa melunasi pinjamannya atau kredit macet maka bisa digunakan untuk menyerang.

"Awas perusahaan Pinjol tertentu akan ambil nomor imei mu pada saat sebelum uang pinjaman dicairkan dan nanti kalau kau tidak bisa bayar utang mereka bisa hubungi siapapun di kontak hp mu dgn mengirimkan berita berita yang sangat merusak nama baik keluargamu dan bisa mengakses gallery hp mu (terutama fotomu sangat lagi .....)," beber Hotman.

Baca Juga: 3 Cara Atasi Sebar Data Pasca Terlanjur Terjebak Pinjol Ilegal