GridFame.id - Di era modern ini, kecanggihan teknologi membuat segalanya bisa dilakukan secara digital.
Termasuk mencari penghasilan secara digital lewat konten video.
Salah satu yang tengah digandrungi saat ini adlah TikTok.
Aplikasi TikTok menjadi salah satu aplikasi yang sangat populer di dunia, bahkan pamornya sudah melebihi Facebook dan YouTube.
Aplikasi ini disukai oleh berbagai kalangan baik anak muda bahkan hingga orang dewasa.
Ada banyak jenis video pendek yang dapat pengguna lihat di TikTok, terutama untuk tujuan hiburan.
Jutaan video dengan berbagai macam topik diunggah ke aplikasi ini pada setiap harinya.
Selain sebagai wadah untuk berkreasi, aplikasi berbagi video pendek ini juga dapat menghasilkan uang.
Cara menghasilkan uang dari TikTok bisa dengan menjalankan misi, menggalang donasi, sampai jadi admin atau pengelola akun milik orang lain maupun perusahaan.
Mau tahu informasi lengkapnya?
Simak ini dia cara menghasilkan uang dari TikTok berikut ini.
Baca Juga: Dijamin Makin Cuan! Ini Beberapa Kelebihan Pakai Gratis Ongkir Xtra Bagi Seller TikTok Shop
Cara Mendapatkan Uang dari TikTok
Dilansir dari laman resmi linkaja.id, ini cara mendapatkan uang dari TikTok:
1. Donasi atau payout coins
Fitur paling sederhana yang sudah tersedia di TikTok dan bisa dimanfaatkan oleh para penggunanya adalah fitur donasi.
Hal ini bukan berarti Anda mengumpulkan orang untuk berdonasi, istilah ini digunakan sebagai simbol apresiasi dari audience.
Sederhananya, para audience bisa memberikan sticker yang diberikan melalui kolom komentar di TikTok.
Para audience bisa “membeli” sticker untuk dapat dikirim kepada para kreator, jika sudah banyak sticker yang terkumpul dari konten yang dibuat, para kreator bisa menguangkannya.
2. TikTok Influencer
Saat sudah mulai membuat akun TikTok, Anda juga bisa mengelola dan mengembangkannya agar makin banyak audience yang mengikuti akun Anda.
Makin banyaknya followers di TikTok akan menarik perhatian brand untuk berkolaborasi, biasanya akan mendapat tawaran endorsement agar bisa mempromosikan produk brand tersebut.
Tidak hanya bisa mendapatkan produk gratis, Anda bahkan bisa membuat rate promosi.
Beberapa jenis konten yang bisa dibuat oleh TikTok influencer juga beragam, bisa berupa sponsored post, affiliate marketing, dan bahkan brand ambassador.
Jika Anda sudah jadi influencer dengan banyak followers, akan lebih banyak kesempatan yang datang untuk mendapatkan uang.
3. Manajer akun TikTok profesional
Anda juga bisa jadi orang di balik layar untuk tetap mendapatkan uang dari TikTok.
Dengan adanya potensi untuk menjadi influencer di TikTok, akan muncul juga kesempatan untuk menjadi asisten atau manajer dari para kreator profesional.
Kreator yang dimaksud tidak hanya akun personal, tapi juga para kreator brand yang memakai TikTok sebagai strategi promosi.
Peran manajer TikTok bukan hanya mengelola tawaran kerja sama, Anda juga harus memahami strategi konten untuk mengembangkan ide dan meningkatkan follower.
4. TikTok marketing
Baca Juga: Ingin Tahu Produk Apa Saja yang Sedang Laku Keras di TikTok Shop? Cek dengan Cara Mudah Ini
Seperti halnya media sosial lain, TikTok juga memiliki fitur ads atau iklan, biasanya TikTok Ads memiliki algoritma yang bisa membantu sebuah konten agar bisa lebih banyak dilihat oleh target audience yang Anda inginkan.
Para pemilik brand bisa memanfaatkan fitur marketing ads untuk menarik lebih banyak pelanggan yang mengenal produk Anda.
Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mengarahkan konversi iklan ke target transaksi produk yang dimiliki oleh brand.
Karena itulah, sekarang TikTok menjadi salah satu media sosial yang juga harus dikelola oleh digital marketer.
Beberapa brand bahkan sudah memiliki resource khusus untuk mengelola TikTok karena itulah, Anda bisa mendalami TikTok marketing jika tertarik berkarier dan dapat uang dari cara ini.
5. Agensi influencer
Banyaknya kesempatan yang muncul untuk mengelola brand marketing secara profesional akan berdampak pada industri secara keseluruhan.
Anda bisa menjembatani brand dan influencer TikTok dalam sebuah agensi yang terus dilatih dan dikembangkan potensinya.
Menjalankan agensi bisnis seperti ini juga memberikan potensi untuk dapat, namun pastikan untuk selalu update dengan tren terkini yang muncul di TikTok.
Dengan begitu, para influencer di dalam agensi Anda juga bisa menjalin kerja sama yang langgeng dengan brand.
Baca Juga: Tak Akan Dibanned! Begini Tips Melakukan Live TikTok Shop Tanpa Menampilkan Wajah