Find Us On Social Media :

Yang Mau Ngutang Pikir Lagi! Cuma Satu Kata, Polisi Ungkap Rahasia yang Bikin Utang Pinjol Tak Kelar-kelar Hingga Membengkak

GridFame.id - Coba pikir-pikir lagi kalau mau terlibat dengan pinjol!

Pasalnya, banyak yang memiliki pengalaman buruk dengan pinjol.

Ditambah tagihan yang nampaknya tak kunjung selesai.

Hal ini biasanya terjadi pada pinjol ilegal, di mana debitur mengeluhkan tagihan yang seakan dipersulit saat mau dilunasi.

Malah saat sudah lunas, ada saja jebakan pinjol ilegal lain yang menambah beban utang.

Polisi pun mengungkapkan rahasia mengapa tagihan pinjol bisa berkali-kali lipat dari perjanjian semula.

Dilansir dari Kompas.com, salah satunya ternyata karena praktik 'gali lubang tutup lubang' yang ditawarkan pelaku pinjol kepada para debitur.

Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis membongkar kalau pinjol tersebut menawarkan 'fasilitas' pinjaman lain kepada debitur apabila tidak bisa melunasi tagihan.

"Bila kita melihat di sini ada kata-kata, 'Apabila Anda tidak bisa bayar lunas full, Anda bisa dapat melakukan perpanjangan atau cicilan agar data Anda tidak dialihkan ke pihak ketiga atau namanya vendor. Saya mohon responnya buat pembayaran hari ini'," terang Auliansyah, Jumat (22/10/2021).

Dengan kata lain, debitur diarahkan oleh si pinjol pertama selaku pemberi kredit untuk meminjam lagi di pinjol lain.

Yang mana, pinjol lainnya itu adalah dari rekanan pinjol itu sendiri.

Baca Juga: Debt Collector Menagih Kasar Sampai Tega Mengancam Anak Bebitur, Ini Dia Hal-hal yang Dilarang Petugas Lapangan Pinjol Saat Menagih