GridFame.id - Jangan khawatir kalau sampai barang pesanan yang dibeli dari
Cara Klaim Ongkos Kirim Return Tukar
Berikut cara pengajuan klaim ongkos kirim untuk retur tukar:
- Penjual mengirimkan barang yang diganti.
- Pada halaman Konfirmasi No. Resi, isi data pengiriman kemudian klik Simpan.
- Selanjutnya klik Lanjut Konfirmasi.
- Pengiriman berhasil dikonfirmasi.
- Apabila menggunakan Asuransi Pengiriman, maka dapat klaim ongkir dengan klik Klaim Ongkir.
- Klaim ongkir berhasil diajukan. Mohon tunggu sampai barang diterima kembali oleh Pembeli.
- Apabila Pembeli sudah konfirmasi penerimaan barang, maka status akan berubah menjadi
- Verifikasi Dokumen. Cek status dengan klik tombol Selengkapnya.
- Pengajuan Klaim selesai.
Cara Klaim Ongkos Kirim Return & Refund
Berikut cara pengajuan klaim ongkos kirim return refund:
- Kirim barang yang akan dikembalikan ke layanan kurir terdekat.
- Isi data pengiriman kemudian klik Simpan.
- Selanjutnya klik Lanjut Konfirmasi.
- Pengiriman berhasil dikonfirmasi.
- Kemudian tekan tombol Klaim Ongkir. Perlu diketahui bahwa return dan refund ongkos kirim dapat dilakukan apabila pembeli menggunakan Asuransi Pengiriman.
- Klaim ongkir berhasil diajukan. Mohon tunggu sampai barang diterima kembali oleh Penjual.
- Apabila Penjual sudah konfirmasi penerimaan barang, bisa cek status pengajuan dengan klik tombol Selengkapnya.
- Pengajuan Klaim Ongkos Kirim selesai.
Tips Agar Pengembalian Barang Lebih Mudah
1. Selalu Membuat Dokumentasi saat Membuka Paket
Biasanya, saat kita berbelanja online, penjual mengingatkan untuk membuat video unboxing agar ketika ada barang yang rusak, terjadi kesalahan pengiriman, barang yang dikirim tidak sesuai pesanan, dll pembeli bisa melakukan komplain dan mengurus penggantian atau pengembalian dan refund.
Namun, pembeli kadang tidak sabar untuk segera membuka dan menganggap unboxing itu tidak penting.
2. Pahami Aturan Pengembalian Barang di Toko Tersebut
Pahami dan lakukan sesuai prosedur jika penjual sudah memberikan aturan/syarat pengembalian barang di toko/deskripsi produk
3. Tanyakan Prosedur Melalui Chat
Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, jika penjual tidak mencantumkan terkait hal tersebut, bisa ditanyakan melalui chat.
Khususnya jika pembelian berupa alat elektronik atau barang dengan nominal harga cukup besar
Baca Juga: Daripada Mengendap, Simak Cara Mudah Tarik Dana Saldo Refund di Tokopedia ke Rekening Bank