Find Us On Social Media :

Pantas Terornya Ngeri! Berikut Perbandingan Akses Aplikasi Pinjol di HP Kita, Ada yang Sampai Bisa Sadap Telepon dan WiFi!

GridFame.id - Mohon perhatikan lagi kalau mau install atau unduh aplikasi pinjol ke HP.

Seperti yang kita tahu, setiap aplikasi yang mau kita install, pasti akan meminta izin untuk mengakses beberapa aplikasi lain di HP kita.

Yang paling umum adalah kamera dan mikrofon, apalagi jika aplikasinya berhubungan dengan pengambilan gambar dan suara.

Nah, aplikasi pinjol juga diketahui akan meminta akses ke aplikasi lain seperti kamera, mikrofon, dan lokasi serta IMEI.

Hal inilah yang membuat aplikasi pinjol bisa mendeteksi aktivitas kita.

Bahkan ada juga pinjol yang bisa mengakses kontak di HP kita.

Jadi bukan tidak mungkin pinjol akan menghubungi kontak di HP di luar kontak darurat yang terdaftar kalau sampai ada tunggakan.

Akses ini sendiri juga sudah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk itu, jika ada pinjol yang mengakses lebih dari yang disebutkan di atas, sebenarnya bisa saja dilaporkan ke OJK dan AFPI.

Dilansir dari GridFame.id, salah seorang eks karyawan pinjol mengatakan bahwa karena kemudahan pinjol yang bisa memberi pinjaman dana tanpa jaminan, maka akses ponsel lah yang kemudian jadi celah bagi pinjol untuk mendapat jaminan dari debitur.

Ribka sendiri menjelaskan kalau bagian terms and condition atau syarat dan ketentuan juga ditulis akan izin ke aplikasi tersebut.

Baca Juga: Bukan Galbay, Simak 3 Cara Atasi Utang Pinjol yang Menumpuk dengan Cepat