GridFame.id - Mohon masyarakat makin waspada karena modus penipuan kini makin marak jenisnya!
Apalagi bagi orang tua yang tinggal di rumah sendirian, hal ini bisa jadi sangat meyakinkan.
Bagaimana tidak, soalnya modus penipuan baru ini adalah telepon dari call center.
Dengan menggunakan suara yang mirip dari sebuah mesin operator customer service, korban tidak akan merasa curiga dan percaya bahwa itu dari call center resmi.
Skemanya adalah penelepon akan menelepon korban dan diarahkan untuk menekan angka 1 atau angka lainnya agar tersambung dengan petugas customer service.
Kemudian korban akan mendengar suara seseorang yang mengaku sebagai customer service atau agen call center.
Untuk semakin meyakinkan korban, petugas customer service gadungan tersebut akan meminta korban jangan menyebutkan data pribadi secara langsung.
Tapi dengan menekan angka-angka (misalnya PIN, OTP) melalui keyboard ponsel korban, dengan dalih karena sifatnya rahasia.
Padahal, semua yang dilakukan korban akan direkam dan tersimpan dengan baik di sistem pelaku pencurian.
Pelaku pun akan memiliki seluruh data milik korban, mulai dari nomor ATM, kode CVV/CVC, PIN hingga OTP untuk mengakses dan melakukan transaksi perbankan.
Ketika korban selesai menginput seluruh data pribadinya, si penipu pun mulai menjalankan aksinya untuk membobol rekening korban untuk mengambil uangnya.