Find Us On Social Media :

Amit-amit Jangan Sampai Saldo Rekening Habis Dibobol! Kenali Ini 6 Ciri-ciri Mesin ATM yang Terkena Skimming

Ilustrasi mesin ATM yang terkena skimming

GridFame.idSkimming adalah teknik pencurian data pribadi dan finansial yang dilakukan dengan cara menyalin informasi dari kartu kredit atau kartu debit seseorang.

Skimming biasanya dilakukan dengan memasang perangkat perekam atau "skimmer" pada mesin ATM atau mesin pembayaran kartu lainnya seperti pada pompa bensin, toko swalayan, atau restoran.

Skimmer ini dirancang untuk menyalin informasi yang tersimpan pada strip magnetik kartu Anda, yang meliputi nomor kartu, tanggal kedaluwarsa, dan kode keamanan.

Setelah mencuri informasi tersebut, penjahat dapat menggunakannya untuk membuat kartu palsu dan melakukan pembelian atau penarikan uang dari rekening korban.

Skimming sering dilakukan oleh kelompok kriminal yang terorganisir dan sangat terampil dalam melakukan pencurian data, sehingga sulit untuk mendeteksinya.

Untuk melindungi diri dari skimming, pastikan bahwa Anda menggunakan mesin ATM yang terpercaya dan di tempat yang aman, dan periksa apakah ada perangkat tambahan yang terpasang pada mesin tersebut.

Jika Anda mencurigai bahwa mesin ATM telah terkena skimming, jangan menggunakan mesin tersebut dan laporkan ke bank segera.

Jangan berikan informasi pribadi atau finansial apa pun jika Anda merasa ada sesuatu yang tidak benar atau mencurigakan.

Selalu waspada saat menggunakan mesin ATM dan periksa perangkat tambahan atau aktivitas mencurigakan sekitar Anda.

Lalu apa ciri-ciri mesin ATM yang sudah terkena skimming?

Simak ini ciri lengkapnya agar bisa dihindari.

Baca Juga: Dijamin Aman dan Terhindar dari Skimming di Mesin ATM, Ini Dia Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu Pakai LinkAja