GridFame.id - Debt collector kartu kredit biasanya datang menagih jika Anda telah melewatkan pembayaran atau memiliki tunggakan tagihan kartu kredit yang belum diselesaikan.
Jika Anda melewatkan pembayaran tagihan kartu kredit selama beberapa bulan, perusahaan kartu kredit mungkin akan mempekerjakan agen penagihan atau debt collector untuk menagih hutang Anda.
Debt collector kartu kredit dapat menghubungi Anda melalui telepon, surat, atau email.
Mereka mungkin akan memberikan peringatan dan mengingatkan Anda tentang tagihan yang belum dibayar, dan meminta Anda untuk segera menyelesaikan pembayaran.
Jika Anda tidak membayar tagihan atau membuat pengaturan untuk membayar, maka mereka mungkin akan mengambil tindakan lebih lanjut, seperti mengajukan tuntutan hukum atau menyita aset Anda.
Namun, perlu diingat bahwa ada undang-undang yang mengatur praktik penagihan hutang, termasuk bagi debt collector kartu kredit.
Misalnya, di beberapa negara atau wilayah, ada batasan waktu dan frekuensi kontak yang diizinkan oleh agen penagihan.
Juga, debt collector tidak diizinkan untuk melakukan ancaman, mengintimidasi, atau melakukan praktik penagihan yang tidak adil.
Jika Anda mendapat telepon atau surat dari debt collector kartu kredit, penting untuk tetap tenang dan tidak panik.
Periksa tagihan kartu kredit Anda dan pastikan bahwa Anda memahami jumlah yang harus dibayar.
Lalu bisakah minta keringanan lewat debt collector?
Baca Juga: Waspada Pembobolan Kartu Kredit! Ini Modus yang Paling Sering Dilakukan Oknum Nakal Lewat Telepon
Cara Minta Keringanan Lewat Debt Collector Kartu Kredit
Jika Anda mengalami kesulitan membayar tagihan kartu kredit dan perusahaan kartu kredit telah mempekerjakan debt collector untuk menagih hutang Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meminta keringanan pembayaran:
1. Berbicara dengan debt collector secara jujur
Debt collector kartu kredit biasanya memiliki kebijakan untuk membantu pemegang kartu kredit yang mengalami kesulitan keuangan.
Jika Anda tidak dapat membayar tagihan kartu kredit Anda, sebaiknya jangan menghindari atau mengabaikan panggilan dari debt collector.
Cobalah untuk berbicara dengan mereka secara jujur tentang situasi keuangan Anda dan upayakan untuk menemukan solusi yang terbaik bagi kedua belah pihak.
2. Ajukan permohonan keringanan pembayaran
Beberapa perusahaan kartu kredit dan debt collector menyediakan program keringanan pembayaran, seperti program penghapusan denda keterlambatan, program pembayaran cicilan, atau bahkan program pembebasan hutang.
Anda dapat mengajukan permohonan untuk program keringanan tersebut dan membicarakan opsi pembayaran yang lebih terjangkau bagi Anda.
3. Ajukan penawaran untuk membayar sebagian dari tagihan
Jika Anda tidak dapat membayar tagihan kartu kredit secara penuh, cobalah untuk mengajukan penawaran untuk membayar sebagian dari tagihan.
Misalnya, Anda dapat menawarkan untuk membayar sejumlah tertentu dalam beberapa kali pembayaran.
4. Mintalah agar debt collector tidak melaporkan ke lembaga kredit
Jika Anda khawatir tentang pengaruh yang dapat ditimbulkan dari laporan hutang kartu kredit yang telat atau tidak terbayar pada skor kredit Anda, Anda dapat meminta agar debt collector tidak melaporkan hutang Anda ke lembaga kredit
Namun, perlu diingat bahwa setiap perusahaan kartu kredit atau debt collector memiliki kebijakan dan prosedur yang berbeda-beda dalam menangani penagihan utang.
Pastikan Anda memahami dan mengikuti aturan dan ketentuan yang ditetapkan oleh perusahaan kartu kredit atau debt collector yang menagih utang Anda.
Sebagian isi artikel ini ditulis dengan menggunakan bantuan kecerdasan buatan.