Find Us On Social Media :

Makin Banyak Modus Sindikat Penipu Online! Ini Tips Untuk Menghindari Penipuan Telegram dan Menambah Keamanan Akun

Ilustrasi cara terhindar dari penipuan telegram

GridFame.id - Hati-hati beberapa waktu terakhir tengah muncul berbagai modus penipuan digital salah satunya lewat telegram.

Ada beberapa modus penipuan yang umum dilakukan melalui Telegram

Penipu menghubungi Anda melalui Telegram dan menawarkan investasi dengan janji imbal hasil yang tinggi atau skema penggandaan uang dalam waktu singkat.

Mereka akan meminta Anda untuk mentransfer sejumlah uang kepada mereka namun setelah Anda mentransfer uang, mereka menghilang dan Anda kehilangan investasi Anda.

Ada juga penipu yang mengklaim menjadi seseorang yang dikenal atau anggota tim resmi suatu perusahaan, mereka mungkin mengirimkan pesan palsu yang terlihat seperti pesan asli dan meminta Anda untuk memberikan informasi pribadi atau melakukan pembayaran.

Hal ini sering terjadi dalam bentuk penipuan CEO, di mana penipu berpura-pura menjadi CEO perusahaan dan meminta pembayaran atau transfer dana kepada mereka.

Selain itu ada pula penipu yang mencoba membangun hubungan romantis dengan Anda melalui Telegram untuk mendapatkan kepercayaan Anda, mereka kemudian meminta uang dengan alasan darurat atau situasi sulit, dan setelah Anda mentransfer uang, mereka menghilang.

Namun yang banyak terjadi adalah pelaku mengirimkan tautan atau file berbahaya melalui Telegram yang mengarahkan Anda ke situs web palsu yang meniru tampilan situs resmi.

Mereka mencoba mencuri informasi pribadi atau login Anda saat Anda memasukkan data ke situs palsu tersebut dan teknik ini disebut phising.

Untuk menghindari penipuan ini, penting untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam berinteraksi di Telegram.

Selain itu, Anda bisa melakukan ini untuk mengamankan akun agar terhindar dari penipuan.

Baca Juga: Yang Cari Freelance Waspada! Jangan Pernah Tergiur Job Begini di Telegram, Salah-salah Malah Ngutang di Pinjol Hingga Puluhan Juta!