Find Us On Social Media :

Simak Cara Ibu Rumah Tangga Dapat Modal Uang Untuk Usaha dari PNM Mekaar Terbaru 2023

GridFame.id - Ibu rumah tangga bisa banget punya penghasilan sendiri.

Jangan khawatir kalau tidak punya modal, karena PNM Mekaar siap membantu.

Bagi ibu-ibu yang berminat untuk mendapatkan modal usaha 2-10 juta, tanpa agunan, dan cicilannya ringan, bisa mengajukan pinjaman modal usaha ke PNM Mekaar.

Namun perlu diketahui dulu persyaratan untuk menjadi nasabah PNM Mekaar yang diperuntukan kepada perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro.

Direktur Perencanaan Strategis dan Keuangan PNM, Ninis Kesuma Adriani menjelaskan bahwa PNM Mekaar menyediakan pinjaman modal usaha yang dilakukan secara berkelompok.

Jika ingin mendaftar, jumlah anggota kelompok yang ada minimal 10 orang termasuk dengan seorang ketua kelompok.

Cara mencicilnya pun nantinya akan berkelompok.

"Pembiayaan PNM Mekaar tidak mensyaratkan agunan fisik, melainkan bersifat tanggung renteng. Jadi kalau ada salah satu anggota kelompok yang tidak membayar cicilan, teman satu kelompok akan urunan untuk membayarnya," terangnya.

Dalam hal ini, petugas dari PNM yang disebut Account Officer (AO) yang berperan penting dalam memastikan kelayakan dari peminjam.

"AO akan sosialisasi dulu ke calon nasabah, kemudian melihat apakah ia sudah punya usaha atau tidak, dan dilihat juga kesungguhan niatnya untuk memastikan bahwa pinjaman layak diberikan kepada calon nasabah yang berasal dari keluarga pra sejahtera," ujarnya.

Berikutnya, setelah data calon nasabah sudah lengkap dan disetujui, pinjaman modal usaha akan diturunkan.

Baca Juga: Berikut Cara Mengajukan Pinjaman di PNM Mekaar Tanpa Jaminan Cukup Penuhi Syarat Ini