Find Us On Social Media :

Bakal Banyak Konser, OJK Peringatkan Jangan Termakan Iklan Pinjol Gegara Satu Hal Ini

GridFame.id - Setelah Coldplay diumumkan akan mengadakan konser di Jakarta, muncul berbagai rumor konser artis luar negeri yang akan datang.

Sebut saja Bring Me The Horizon (BMTH), Taylor Swift, dan juga Beyonce.

Meski belum pasti kapan datangnya dan berapa harga tiketnya, namun sudah banyak masyarakat yang menunggu.

Sayangnya, penjualan tiket bisa saja terjadi tiba-tiba sehingga banyak yang berpikir untuk meminjam dana di pinjol untuk membeli tiket.

Namun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sendiri kemudian mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam memilih layanan financial technology (fintech) lending atau pinjaman online (pinjol) yang menawarkan promo pinjaman untuk membeli tiket konser.

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi mengatakan, beberapa waktu lalu banyak ditemukan iklan pinjol yang menawarakan pinjaman untuk membeli tiket konser.

"Kami selalu mengedukasi generasi muda yang ingin beli tiket konser idola, boleh, tapi harus disiapkan sebelumnya," ujar Friderica setelah acara Indonesia Sharia Financial Olympiad (ISFO), Senin (22/5/2023).

Ia menambahkan, generasi muda juga dapat menggunakan uang lebih yang sifatnya tidak digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Kami selalu ingatkan, jangan menggunakan uang yang berutang, karena ada bunganya, apalagi yang ilegal itu bunganya sangat tinggi," imbuh Friderica.

Kalau terjadi demikian, pinjaman justru akan memberatkan peminjam yang rata-rata mungkin didominasi generasi muda.

"Jangan berutang untuk sesuatu yang konsumtif," tegas Friderica.

Baca Juga: Tertarik Buka Jastip Tiket Konser? Berikut Cara Memulainya dan Agar Tidak Dianggap Calo