Find Us On Social Media :

Banyak Mesin ATM yang Dipasang Kamera Hingga Alat Bobol Rekening Lain, OJK Bongkar Tips Aman saat Tarik Tunai

Bagian mesin ATM yang harus diperiksa

GridFame.id - Belakangan tengah marak kasus pembobolan rekening lewat mesin ATM atau yang biasa dikenal dengan sebutan skimming.

Pemilik kartu debit harus selalu waspada saat bertransaksi menggunakan kartu,terutama saat tarik tunai di mesin ATM.

Perhatikan apakah ada kejanggalan pada mesin ATM secara fisik seperti ada kabel yang terlepas atau ada yang berbeda.

Hal ini dikarenakan salah satu bentuk operasi skimming bisa dilihat dari janggalnya keadaan fisik sebuah mesin ATM, bisa dikarenakan adanya mesin skimmer yang dipasang pada mulut mesin ATM atau pada tombol angka yang terpasang di mesin ATM.

Contohnya adalah jika Anda menemukan slot kartu pada mesin ATM, terbuat dari jenis plastik yang cenderung tipis dan ringkih, lalu terdapat beda asing dibagian dalam "mulutnya".

Maka ATM tersebut patut dicurigai, begitu juga jika tombol di mesin ATM tersebut cenderung sulit ditekan,maka ATM tersebut mungkin sudah ditambahkan alat skimming. Selain itu, lokasi dan lingkungan tempat ATM berada juga harus diperhatikan.

Lokasi ATM yang cenderung gelap dan tanpa pengawasan seperti keberadaan security dan kamera CCTV juga rawan menjadi tempat operasi skimming.

Selain memerhatikan sekitar, ada beberapa tips yang perlu dilakukan agar keamanan kartu debit terjamin.

Apa yang harus dilakukan?

Simak ini tips terhindar dari skimming menurut OJK.

Baca Juga: Jangan Buru-Buru Masukkan Kartu ATM! Cek 5 Bagian Mesin ATM Ini sebelum Melakukan Transaksi Agar Tak Jadi Korban Skimming

Tips Terhindar dari Skimming 

Dilansir dari laman resmi sikapiuangmu.ojk.go.id, hal-hal yang bisa dilakukan untuk menjaga keamanan dan privasi dari kartu Debit/Kredit antara lain: