GridFame.id - Banyak keuntungan dengan membuka toko dan berjualan di Shopee.
Penjual di Shopee dapat menikmati berbagai fasilitas yang membantu mengembangkan bisnis.
Dukungan untuk Penjual secara luas dari Customer Service Shopee dan Sistem & Layanan Penjual yang dapat Anda akses melalui aplikasi Shopee.
Mendapatkan fitur promosi gratis untuk menarik Pembeli dan meningkatkan penjualan.Terintegrasi dengan sistem jasa kirim yang didukung Shopee untuk membantu bisnis Anda berkembang.Panduan, webinar, dan pelatihan gratis di Pusat Edukasi Penjual untuk membantu Anda menguasai berjualan online di Shopee.
Selain itu pemilik toko juga bisa mengikuti Program Afiliasi Penjual atau Shopee Affiliate Penjual untuk mendapat tambahan penghasilan.
Semua pemasukan atau penghasilan jualan juga memiliki laporan yang transparan sehingga dapat dicek sewaktu-waktu.
Akan tetapi, Shopee bisa secara tiba-tiba membatasi akun penjual hingga tak bisa digunakan.
Apa penyebabnya?
Simak ternyata ini penyebab utamanya dan syarat jika ingin naik banding.
Penyebab Akun Shopee Penjual DIbatasi
Dilansir dari laman resmi shopee.co.id, pembatasan akun diberikan ketika Pengguna diduga terlibat dalam salah satu kegiatan berikut:
1. Memiliki lebih dari 5 toko dengan data pribadi yang sama
2. Terdapat percobaan peretasan akun, sehingga akun dibatasi untuk alasan keamanan.
3. Pemalsuan informasi penjualan
4. Penyalahgunaan promosi, voucher, maupun Gratis Ongkir
5. Penipuan dalam bentuk apapun
6. Penyalahgunaan akun Shopee (termasuk spam)
7. Pengunggahan produk duplikat
8. Pembuatan pesanan palsu
9. Penulisan informasi yang mengarahkan Pembeli untuk bertransaksi di luar Shopee
10. Tagihan SPayLater yang belum dilunasi
11. Melakukan pelanggaran atas Syarat Layanan, namun tidak terbatas pada menjual barang yang dilarang dan dibatasi oleh Shopee
12. Produk telah dihapus lebih dari 20 kali oleh Shopee
13. Pelanggaran Kebijakan Logo pada Profil Toko.
14. Memasukkan Produk Digital dan Jasa ke dalam kategori dan sub-kategori yang tidak tepat.
Cara Mengajukan Naik Banding:
Anda dapat mengajukan naik banding untuk memulihkan akun dengan mengisi formulir pengajuan pengaktifan akun dan lampirkan dokumen-dokumen di bawah ini:
1. Foto identitas yang sah (Contoh: KTP atau kartu pelajar)
2. Fotokopi izin usaha (jika ada)
3. Bukti pengiriman produk
4. Bukti bahwa Anda pernah memiliki produk tersebut (contoh: faktur supplier, resi, dll.)
5. Informasi lengkap bisnis Anda (Contoh: bagaimana Anda menjalankan bisnis Anda, apakah Anda membuka bisnis Anda di platform lain, ukuran tim bisnis Anda, dll.)
6. Mengisi Surat Pernyataan tidak akan meng-upload ulang produk dilarang dan dibatasi untuk diperjualbelikan di Shopee
7. Mengisi Surat Pernyataan yang menyatakan bahwa Penjual tidak akan meng-upload, membuat produk baru, dan tidak mengubah produk yang melanggar aturan sesuai dengan Kebijakan Penjualan Hewan di Shopee.
Akun yang dibatasi akan ditutup secara permanen dalam 30 hari setelah Notifikasi dikirimkan, jika:
1. Pengajuan naik banding tidak dilakukan dalam 30 hari, atau
2. Pengajuan naik banding tersebut gagal