Find Us On Social Media :

Komisi Dari TikTok Lama Cair? Bisa Jadi Ada Pelanggaran Ini, Banyak yang Tak Sadar!

GridFame.id - Apakah Anda salah satu pelaku UMKM yang membuka bisnis di TikTok?

Atau konten kreator yang suka mendapat komisi dari TikTok?

Kalau ya, memang ada kalanya komisi dari TikTok lama turun.

Nah, bisa jadi kesalahan ini bukan datang dari TikTok, tapi dari konten kita.

Spokesperson TikTok mengatakan, pihaknya telah memiliki panduan kebijakan yang sudah disusun mengenai aturan main dalam pembuatan konten untuk kreator, baik pengguna maupun penjual.

Oleh sebab itu, apabila tindakan shadowban dilakukan oleh TikTok, itu karena ada beberapa tindakan yang dilakukan oleh kreator tidak sesuai dengan aturan main tersebut.

Kebijakan aturan tersebut pun, kata dia, telah dipublikasikan terbuka dalam TikTok Shop Academy yang bisa diakses oleh siapa saja.

"Prioritas utama kami adalah untuk membangun lingkungan e-commerce yang aman dan terpercaya, sekaligus membangun komunitas kami dengan memberikan pengalaman berbelanja yang positif di TikTok Shop," ujar Spokesperson TikTok yang enggan disebutkan namanya, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (22/6/2023).

"Itulah mengapa, kami menyusun panduan untuk memastikan agar seluruh konten e-commerce yang diunggah oleh para kreator baik pengguna maupun penjual dilakukan sesuai dengan Pedoman Konten TikTok Shop," lanjutnya.

Sementara itu, dikutip dari TikTok Shop Academy, dijelaskan bahwa ada beberapa pedoman dalam membuat konten di TikTok.

Pedoman tersebut tertulis, yakni jangan mem-posting, mengunggah, streaming, atau membagikan konten yang terkait dengan produk yang tidak sepenuhnya sesuai dengan hukum berlaku yang sesuai dengan produk tersebut di pasar tujuan.

Baca Juga: 6 Cara Dapat Uang Dari TikTok dengan Mudah Terbaru Tinggal Klik Ini