Find Us On Social Media :

Tiba-tiba Ditelepon Nomor Misterius dengan Kode +44 atau +77? Jangan Hubungi Balik, Begini Cara Kerja Penipuan Wangiri Fraud yang Kuras Saldo

modus penipuan wangiri fraud

GridFame.id - Tiba-tiba ada telepon dari nomor asing dan misterius?

Banyak orang kebingungan saat tiba-tiba dihubungi nomor yang bukan berasal dari Indonesia.

Namun perlu diingat, kejadian ini merupakan salah satu modus penipuan yang meresahkan.

Panggilan telepon dari luar negeri disebut sebagai wangiri fraud.

Tujuannya yaitu membuat penasaran si penerima missed call tersebut, sehingga melakukan panggilan balik ke nomor tersebut. 

Wangiri merupakan skema penipuan yang menargetkan pengguna ponsel secara acak.Pelaku membuat ribuan panggilan random pada nomor ponsel di berbagai negara hanya dengan sekali dering alias missed call.

Dengan begitu, diharapkan ada korban yang penasaran dengan missed call ini kemudian melakukan panggilan balik.Jika korban melakukan panggilan balik pada nomor tersebut, korban akan dikenai tarif premium sehingga tagihan teleponnya akan membludak.

Lalu bagaimana cara menghindari dan melaporkannya?

Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Nasabah Harus Waspada! Berikut 3 Modus Penipuan Berkedok Asuransi yang Sering Mengincar Masyarakat  

Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, bahwa missed call tidak dikenal yang berasal dari luar negeri itu bisa jadi merupakan bagian dari unsur penipuan atau yang lebih dikenal dengan scam. 

Jika Anda terpancing melakukan panggilan balik ke nomor yang diterima itu, maka kerugian pertama adalah bakal kena tarif mahal, karena itu merupakan sambungan langsung internasional.