Find Us On Social Media :

Auto Sujud Syukur! Barang Jaminan Tak Akan Dilelang, Ini 7 Jenis Keringanan Gadai yang Bisa Diterima jika Debitur Macet Bayar Cicilan

Tips terhindar dari Galbay gadai

GridFame.id - Gagal lunasi gadai dapat berakibat serius dan menimbulkan risiko bagi peminjam serta barang jaminan yang digunakan.

Risiko utama dari gagal melunasi gadai adalah kehilangan barang jaminan.

Jika Anda tidak dapat membayar pinjaman sesuai dengan perjanjian, lembaga gadai berhak untuk menjual barang jaminan sebagai ganti rugi atas pinjaman yang belum dilunasi.

Barang tersebut akan dilelang atau dijual untuk mendapatkan dana yang dibutuhkan oleh lembaga gadai.

Gagal melunasi gadai dapat menyebabkan catatan negatif pada riwayat kredit Anda.

Hal ini dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk mendapatkan pinjaman atau kredit di masa depan karena lembaga keuangan biasanya melihat riwayat kredit sebagai faktor penentu dalam menilai kelayakan pinjaman.

Lembaga gadai dapat mengenakan biaya tambahan atau denda jika Anda gagal membayar tepat waktu atau melewati batas waktu yang ditetapkan.

Sebelum galbay, sebenarnya debitur bisa mengajukan restrukturisasi atau meminta keringanan.

Restrukturisasi gadai adalah upaya untuk mengubah atau memodifikasi perjanjian gadai yang telah ada agar lebih sesuai dengan situasi keuangan peminjam.

Tujuan restrukturisasi adalah untuk membantu peminjam mengatasi kesulitan keuangan dan mencegah terjadinya lelang barang jaminan.

Lalu apa saja bentuk restruktusiasi gadai yang bisa diterima debitur?

Baca Juga: BPKB Kendaraan yang Mati Pajak Bisa jadi Jaminan! Ini Syarat dan Cara Mengajukan Pinjaman di Pusat Gadai Indonesia