Find Us On Social Media :

Terpaksa Pakai Wifi Umum saat Transaksi M-Banking? Lakukan 9 Tips Ini Agar Terhindar dari Pembobolan Saldo Rekening

bahaya pakai wifi umum saat transaksi m-banking

GridFame.id - Akses mobile banking (m-banking) melalui jaringan Wi-Fi umum dapat menimbulkan beberapa bahaya dan risiko keamanan bagi pengguna.

Penggunaan jaringan Wi-Fi umum dapat menyebabkan data yang dikirimkan antara perangkat Anda dan server mobile banking menjadi rentan terhadap penyadapan.

Hacker atau penjahat siber dapat menggunakan teknik seperti sniffing atau man-in-the-middle attacks untuk mencuri informasi sensitif, seperti nama pengguna, kata sandi, dan data transaksi.

Serangan man-in-the-middle terjadi ketika penyerang mencatat lalu lintas data antara perangkat Anda dan server mobile banking.

Penyerang dapat mencuri data, mengubah informasi, atau menyusupkan perangkat lain dalam komunikasi, menyebabkan gangguan pada transaksi dan mengakses data pribadi Anda.

Penggunaan jaringan Wi-Fi umum juga dapat meningkatkan risiko terkena serangan phishing.

Penjahat siber dapat mencoba mengelabui Anda dengan menggunakan halaman web palsu yang menyerupai situs mobile banking untuk mencuri informasi login Anda.

Jaringan Wi-Fi umum sering kali tidak memiliki langkah-langkah keamanan yang kuat dibandingkan dengan jaringan pribadi.

Ini membuatnya lebih mudah bagi penyerang untuk mencoba menerobos keamanan dan mengakses perangkat pengguna.

Lalu bagaimana cara mencegah pembobolan rekening saat terpaksa menggunakan Wifi Umum?

Ikuti tips berikut ini agar m-banking tetap aman.

Baca Juga: Simak Bagaimana Supaya Nomor HP Tidak Dapat Dilacak DC Pinjol Atau Orang Lainnya, Hindari WiFi di Tempat Ini!