Find Us On Social Media :

Hindari Kesalahan Ini Supaya Pelaku Usaha UMKM Tak Terjerat Utang Pinjol

GridFame.id - Dalam era digital ini, pinjaman online (pinjol) telah menjadi alternatif utama bagi banyak pelaku usaha, terutama para pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Meskipun pinjol bisa memberikan akses cepat dan mudah terhadap modal, beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pelaku usaha dapat membuat mereka terjerat dalam masalah keuangan yang lebih besar.

Hal ini bisa menyebabkan bisnis malah jadi terpuruk.

Bukannya menambah penghasilan, kita justru bisa tenggelam dalam utang.

Bisnis pun terancam bangkrut karena penghasilan kerap habis untuk membayar utang.

Berikut beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pelaku usaha, terutama UMKM, yang menyebabkan mereka terjerat pinjol.

Kesalahan yang Bikin Pelaku Usaha Terjerat Utang Pinjol

1. Kurangnya Perencanaan Keuangan yang Matang

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pelaku usaha adalah kurangnya perencanaan keuangan yang matang.

Beberapa UMKM terlalu terburu-buru dalam mengambil pinjaman tanpa mempertimbangkan dengan cermat tentang penggunaan dan pengembalian dana pinjaman.

Tanpa perencanaan yang baik, pelaku usaha bisa terjebak dalam siklus pinjaman berulang yang berpotensi membawa mereka pada tekanan finansial yang lebih besar.

2. Tidak Memahami Syarat dan Ketentuan Pinjol

Banyak pelaku usaha yang terjerat pinjol karena tidak memahami dengan baik syarat dan ketentuan yang terkait dengan pinjaman online.

Tingginya suku bunga, biaya administrasi yang tidak terduga, dan kewajiban pembayaran yang ketat dapat menjadi beban tambahan bagi UMKM.

Baca Juga: Mau Buka Usaha? Ini 6 Hal yang Harus Disiapkan sebelum Ambil Pinjaman Modal ke Bank Agar Berujung Tak Terlilit Utang