Find Us On Social Media :

Info Syarat, Jadwal, dan Rute Mudik Gratis Nataru Angkutan Laut

GridFame.id - Siapa yang sudah siap untuk mudik liburan Nataru ini?

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT Pelni (Persero) telah membuka pendaftaran mudik gratis angkutan laut untuk periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Hendri Ginting mengatakan, kuota yang disiapkan untuk mudik gratis ini sebanyak 4.415 tiket.

Jika ditotal dengan kuota untuk balik mudik maka jumlahnya hampir mencapai 9.000 tiket.

"(Kuotanya) hampir 4.000 lebih total, nanti kembali lagi 4.000 lagi.  Jadi hampir 9.000-an (tiket) lah," ujarnya saat ditemui di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (18/12/2023).

Ada 9 unit kapal untuk melayani peserta mudik gratis, yaitu KM Binalya, KM Gunung Dempo, KM Bukit Siguntang, KM Kelud, KM Nggapulu, KM Tidar, KM Nggapulu, dan KM Sinabung.

Kesembilan kapal ini akan melayani 9 rute mudik gratis angkutan laut, yaitu Kupang-Ende, Balikpapan-Parepare, Makassar-Surabaya, Bitung-Sorong, Batam-Belawan, Makassar-Baubau, Makassar-Baubau, Ambon-Tual, dan Jayapura-Biak.

Rute mudik gratis kali ini lebih banyak untuk kawasan Indonesia bagian Timur lantaran dinilai masyarakatnya lebih membutuhkan.

Jadwal keberangkatan mudik gratis angkutan laut ini akan berlangsung selama 18-25 Desember 2023.

Sementara untuk pendaftarannya bisa dilakukan melalui website https://linktr.ee/mutisnatal2023kemenhub.

Namun, kata Hendri tidak semua masyarakat bisa mengikuti program mudik gratis ini.

Baca Juga: Liburan atau Mudik Kantong Tetap Aman, Ini Tips Kelola Keuangan saat Rayakan Tahun Baru