Find Us On Social Media :

Waspada Bukti Pembayaran QRIS Palsu! Begini Cara Cek Transaksi Masuk Lewat GoBiz

Cara cek transaksi pembayaran yang masuk dari QRIS

GridFame.id - Semua pemilik merchant harus tahu informasi penting yang satu ini.

Berhati-hatilah saat menerima bukti pembayaran dengan sistem QRIS.

Seperti diketahui beberapa waktu terakhir banyak orang mulai mengusung gaya hidup cashless.

Tak sedikit pula tempat usaha yang menyediakan fitur QRIS untuk pembayaran non-tunai.

Penyediaan QRIS sendiri memiliki banyak keuntungan karena orang tak perlu antre panjang untuk bayar.

Namun hal ini justru dimanfaatkan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab.

Pasalnya ada saja yang berbuat curang dengan membuat bukti pembayaran QRIS palsu.

Mereka akan menunjukkannya ke pemilik merchant sebagai bukti transaksi.

Namun jika dicek sebenarnya transaksi itu tidak pernah ada dan masuk ke rekening pemilik usaha.

Lalu bagaimana cara terhindar dari modus penipuan itu?

Simak begini cara cek mutasi pembayaran QRIS di aplikasi GoBiz.

Baca Juga: Modus Penipuan Baru Penyalahgunaan KTP, Data Dicuri Untuk Pengajuan Kredit Motor

Cara Cek Transaksi QRIS

Anda bisa mengeceknya transaksi QRIS yang berhasil melalui cara berikut:

1. Melalui aplikasi GoBiz 

Buka halaman 'Beranda' atau 'Lainnya', lalu pilih menu ‘Transaksi hari ini'.

Akan muncul seluruh laporan transaksi di GoBiz yang berhasil.

Anda bisa memuat ulang (menarik layar kebawah) untuk mengecek transaksi yang baru masuk.

Anda juga bisa gunakan tombol filter untuk melihat transaksi QRIS.  Buka menu GoKasir lalu klik ‘Laporan transaksi' juga untuk melihat riwayat transaksi yang masuk. 

2. Melalui GoBiz Dashboard 

Masuk ke GoBiz Dashboard klik halaman ‘Transaksi’.

Anda akan melihat laporan transaksi yang berhasil.

Gunakan filter transaksi untuk melihat laporan sesuai tipe pembayaran pelanggan.

Baca Juga: Simak Cara Punya QRIS Sendiri, Apakah Bisa Untuk Kepentingan Pribadi?

3. Melalui aplikasi Gojek atau dompet digital (e-wallet) yang pelanggan gunakan

Lihat pada halaman Pembayaran berhasil atau rincian pembayaran.

Minta pelanggan untuk menunjukan bukti pembayaran dengan status berhasil dan pastikan nama restoran, waktu transaksi, dan jumlah pembayaran sesuai.

Anda juga bisa cek bukti pembayaran dari pelanggan non-Gopay misalnya transaksi menggunakan DANA atau Shopeepay.

Dengan rutin melakukan pengecekan akan meminimalisir risiko penipuan.

Baca Juga: Begini Cara Mengaktifkan QRIS Gopay Biar Bisnis Makin Laris