Find Us On Social Media :

Langsung Menjual Produk di Semua Platform Online Ternyata Tak Disarankan untuk Pebisnis Pemula, Ini Alasannya!

Platform online untuk mengembangkan bisnis (KOMPAS.com).

GridFame.id - Membangun bisnis di era modern ini bisa dibilang gampang gampang susah.

Susah karena sudah banyak sekali pesaing bisnis dan gampang karena segalanya sudah serba praktis.

Saat ini, hampir semua serba digital.

Bahkan aktivitas jual beli pun kebanyakan dilakukan secara online.

Ada banyak sekali platform jual beli yang bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk memasarkan dan menjual produknya.

Banyak yang mengira makin banyak menggunakan platform online, makin cepat berkembang juga bisnisnya.

Namun, anggapan tersebut tak sepenuhnya benar, lo.

Banyak pengusaha sukses yang tak menyarankan pebisnis pemula langsung menggunakan banyak platform online sekaligus untuk menjual produknya.

Wah, memangnya kenapa, ya?

Berikut penjelasan kenapa pebisnis pemula tak dianjurkan jual produknya di banyak platform online.

Simak sampai tuntas, yuk!

Baca Juga: Hei Anak Muda! Simak Rekomendasi Usaha Kecil-kecilan yang Bisa Dibangun Bersama Teman Supaya Cuan Bareng!

Menjual Produk di Semua Platform Online

Sebagaimana diketahui, platform online sangat membantu para pebisnis untuk menjual produknya dengan mudah.

Makin banyak platform online yang digunakan, makin besar pula keuntungannya.

Namun, hal ini ternyata tidak disarankan untuk pebisnis pemula, lo.

Melansir dari Kontan.co dan beberapa sumber lainnya, salah satu kunci bisnis cepat berkembang adalah fokus.

Menggunakan banyak platform online sekaligus bikin bisnis rentan kehilangan fokusnya.

Jika sudah berhasil di platform online tertentu, barulah kita bisa melebarkan sayap ke platform online lain.

Untuk itu, coba dulu satu platform online yang kira-kira sesuai dengan target audience bisnis Anda.

Jadi, sebelum menentukan platform apa yang akan kita gunakan, Anda hatus mengenali dulu target audience bisnis.

Soalnya, target audience inilah yang akan menentukan arah bisnis ke depannya.

Lalu, bagaimana cara mengenal target audience bisnis kita?

Baca Juga: Saldo Nambah Tapi Bikin Pusing, Ini Risiko Fatal Mencampurkan Dana Pribadi dan Penghasilan Bisnis

Melansir dari Kompas.com dan beberapa sumber lainnya, ada beberapa cara mengenal target audience bisnis.

1. Melakukan Analisis Konsumen

Anda bisa mengenal target audience dengan cara melakukan analisis konsumen.

Caranya dengan mempelajari perilaku konsumen, kebutuhan, dan preferensi mereka.

2. Melakukan Riset Pasar

Cara yang kedua adalah melakukan riset pasar.

Anda bisa melakukan riset kata kunci, mengecek tren di media sosial, atau membuat survei.

3. Analisis Kompetitor

Jika bisnis yang akan Anda jalankan sudah memiliki kompetitor, lakukan analisis ke kompetitor Anda.

Caranya dengan mengunjungi website, media sosial, atau e-commercecari kompetitor.

Semoga informasinya bermanfaat!

Baca Juga: Ternyata Banyak Pengusaha Besar yang Tak Sarankan Pemula Bangun Bisnis Bareng Teman, Ini Alasannya