GridFame.id - Mengembangkan usaha memang bukan hal yang mudah.
Apalagi dengan ketatnya persaingan seperti sekarang ini.
Terlebih ada berbagai platform online yang berani bersaing memberikan harga termurah.
Hal itu membuat para pengusaha harus semakin pintar memutar otak agar bisnisnya tak kalah saing.
Salah satu usaha mengembangkan bisnis adalah dengan menjualnya ke luar negeri.
Siapa tahu sasaran pasar yang meluas membuat produk semakin diburu pembeli.
Untuk bisa menjual produk ke luar negeri juga tidaklah mudah.
Ada banyak hal yang harus dipersiapkan dan direncanakan matang-matang.
Termasuk dengan mengurus izin usaha untuk bisa ekspor barang.
Selain itu ada beberapa tips lain yang perlu diperhatikan.
Simak informasi lengkapnya berikut ini.
Tips Jual Produk ke Luar Negeri
Dilansir dari laman resmi ajaib.co.id, ini 5 tips untuk jualan produk ke luar negeri:
1. Kualitas Produk Harus Diperhatikan
Jika ingin menyasar pasar internasional, pastikan produk yang akan dikirimkan benar-benar memiliki kualitas terbaik.
Selain itu, Anda pun harus tahu jenis-jenis produk yang punya segmentasi pasar luar negeri seperti makanan, kerajinan tangan, bahan mentah atau setengah jadi, dan lainnya.
2. Buat Konten di Website
Buatlah website menggunakan domain Anda sendiri agar bisa diakses oleh seluruh orang dari berbagai negara.
Setelah memiliki website sendiri, selanjutnya adalah membuat konten menarik dan positif dengan menggunakan prinsip Search Engine Optimization (SEO).
Konten berbasis SEO yang informatif tidak hanya sekedar hard selling yang spamming keyword untuk bisa meningkatkan traffic kunjungan ke website milik Anda.
Namun, pastikan juga performa website tersebut kompatibel sehingga pengunjung tidak mengalami gangguan ketika mengakses katalog produk-produk yang dijual.
3. Manfaatkan Marketplace Internasional Untuk Penjualan
Selanjutnya, Anda bisa menggunakan marketplace internasional seperti Amazon, Alibaba yang cocok jadi tempat untuk memperkenalkan produk Anda ke konsumen luar negeri.
Pemasaran barang melalui marketplace internasional memiliki keuntungan tersendiri, di mana Anda tidak perlu repot-repot melakukan promosi besar-besaran.
4. Pakai Jasa Iklan
Adanya teknologi informasi yang semakin berkembang saat ini memunculkan beragam fitur iklan, seperti Google Adword, Facebook Ads, Email Marketing, dan lain-lain.
Fitur tersebut bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis sekaligus melakukan pemasaran produk sampai ke luar negeri. Dengan memaksimalkan potensi iklan guna meningkatkan pasar usaha Anda hingga ke luar negeri, Anda bisa menemukan pasar yang tepat. Google Adword membantu memilihkan wilayah negara dan bahasa yang jadi target pasar Anda.
Selain itu, Google Adword bisa memilih kata kunci yang akan masuk ke halaman penawaran di website milik Anda. Sementara Facebook Ads membantu Anda dalam menentukan segmentasi pasar, mulai dari demografi yang jadi tujuan market Anda (usia, jenis kelamin, kota, apa yang disukai, dan lain-lain).
5. Menjalin Kerja Sama dengan Konten Kreator Lokal
Tips terakhir adalah bermitra dengan konten kreator lokal atau negara yang jadi target penjualan Anda.
Alasannya karena masing-masing negara punya budaya literasi online berbeda-beda, jadi sangat penting untuk diperhatikan saat melakukan riset audiens dan pemasarannya.
Karena itu bekerja sama dengan konten kreator lokal lebih menguntungkan Anda dari segi validasi informasi yang berhubungan dengan budaya target konsumen Anda. Hal ini mampu meningkatkan kemampuan Anda dan juga tim dalam menerjemahkan konten serta memahami konsumen lebih jauh lagi.
Baca Juga: Mau Kembangkan Bisnis ke Luar Negeri? Begini Syarat dan Cara jadi Eksportir Untuk Pemula