GridFame.id - Apa kabar Reza Smash saat ini?
Lama tak terdengar kabarnya, M Reza Anugrah yang merupakan member boyband SMASH kini banting setir.
Reza mencoba peruntungan membuka bisnis wedding organizer.
Melalui akun instagramnya, Reza kerap membagikan momen saat ia sedang mengurus acara pernikahan para kliennya.
Reza sendiri selalu turun tangan mengangkat kursi, membersihkan pelaminan, merapikan dekorasi dan lain-lain.
Ia juga beberapa kali ikut menyumbangkan lagu untuk memeriahkan acara para kliennya.
Usaha wedding organizer milik Reza diberi nama Reza Wedding Planner.
Reza Anugrah mulai menekuni bisnis wedding organizer (WO) sejak masa pandemi Covid-19.
Diakui Reza, usaha yang saat ini ia jalankan mampu menghasilkan banyak keuntungan untuk dirinya.
Tentumya untuk menjadi WO sukses, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
Simak tips sukses buka usaha wedding organizer seperti Reza Smash.
Baca Juga: 10 Tips Meningkatkan Permintaan Pasar Biar Bisnis Makin Untung
Tips Sukses Bisnis Wedding Organizer
1. Rekrut tim yang solid
Menjalankan event organizer tidak bisa dilakukan seorang diri atau tanpa bantuan orang lain.
Dalam aktivitas usaha ini, Anda memerlukan tim yang solid dan profesional.
Pilihlah orang-orang yang mau bekerja keras, cekatan, bisa diandalkan, dan kreatif, tak perlu banyak merekrut, cukup sesuaikan dengan kapasitas acara saja.
Jika banyak klien yang harus diurus, sebaiknya rekrut jasa freelance untuk mempermudah pekerjaan.
2. Bangun relasi seluas mungkin
Kunci mendapatkan klien saat memiliki event organizer adalah dengan membangun relasi seluas mungkin.
Mengandalkan testimoni dari mulut ke mulut saja tentu tidak cukup.
Coba hadiri acara-acara seperti exhibition, acara pernikahan, hiburan, dan acara-acara lainnya kemudian berkenalanlah dengan banyak orang di sana.
Melalui perkenalan terhadap banyak orang, maka kemungkinan Anda mendapatkan klien akan semakin besar.
3. Handal mengatur segala hal
Saat menjadi wedding organizer, Anda perlu membuat buat perencanaan acara seputar waktu dan tempat, konsumsi, pihak yang terlibat, dan lain sebagainya.
Pastikan perencanaan ini dibuat sangat detail karena wedding organizer memang dituntut untuk handal mengatur segala aspek yang berkaitan dengan perhelatan acara.
Misalnya dalam mengatur konsumsi, menentukan jenis menu dan jumlahnya saja tidak cukup.
Perlu koordinasi juga mengenai cara penyajian, alur peserta untuk mendapat konsumsi, hingga ketahanan makanan, hingga warna tisu pun tak boleh luput dari perhatian.
4. Lakukan promosi online
Terakhir, lakukan promosi secara online, Anda bisa memanfaatkan teknologi seperti ads pada aplikasi-aplikasi media sosial, yang umumnya menjangkau lebih banyak audiens.
Buat materi promosi yang menarik, masukkan foto atau video terkait jenis event yang bisa ditangani.
Demi menarik calon klien, di project-project awal ini Anda juga bisa mengadakan promo berupa discount atau freebies.
Jika perlu rekrut tim untuk sosial media agar usaha Anda lebih dikenal.
Baca Juga: Punya Bisnis Properti? Sebaiknya Daftarkan Asuransi Agar Mendapatkan 5 Keuntungan Tak Terduga Ini