GridFame.id - Meningkatkan penjualan dalam bisnis fashion bukanlah hal yang mudah.
Namun ada banyak cara yang bisa dicoba para pemilik usaha.
Salah satunya dengan menyusun strategi marketing untuk bekerja sama dengan influencer.
Ya, sekarang banyak orang bergantung pada sosial media.
Hal ini bisa dimanfaatkan para pemilik usaha untuk ikut mempromosikan produk.
Melalui jasa influencer ternama, produk Anda bisa semakin dikenal luas.
Banyak keuntungan menggunakan jasa influencer sosial media.
Mereka bukan hanya membuat konten dan membantu promosi produk saja.
Tapi juga mampu membantu meningkatkan penjualan dengan drastis.
Tentunya tak bisa sembarangan untuk memilih influencer yang bisa memberikan dampak sebesar itu.
Simak tips berikut ini jika berniat menggunakan jasa influencer untuk meningkatkan penjualan.
Baca Juga: Tak Perlu Bayar Selebgram Mahal-mahal, Ini 5 Tips Promosi Produk Biar Terkenal dan Laris Manis
Tips Pakai Jasa Influencer Untuk Tingkatkan Penjualan
Ada beberapa poin penting yang harus diingat agar pemilik usaha tidak merugi, yaitu:
1. Pilih Influencer yang Sesuai
Jika Anda telah menetapkan target pasar, Anda jadi tahu siapa yang akan diajak kolaborasi dan Anda pun bisa menentukan jenis konten apa yang akan dibuat untuk memasarkan produk yang dijual.
Lakukan sebuah riset dalam memilih influencer, mereka akan membawa brand ke mata lebih banyak orang jadi jangan sampai salah pilih.
2. Mempertimbangkan Micro-influencer
Memilih influencer dengan follower yang lebih sedikit kadang jadi strategi tepat.
Follower dari micro-influencer cenderung benar-benar suka dengan karakter atau isi konten yang dibawakan oleh orang tersebut.
Namun, Anda juga perlu memilih dengan tepat dan carilah influencer yang memberikan gaya yang tepat dengan brand image dari usaha Anda karena level kecocokan yang tinggi akan membuat pesannya lebih tersampaikan ke masyarakat.
3. Tentukan Jangka Waktu Kerjasama
Brand fashion biasanya punya katalog yang banyak dan jumlah produk ini juga yang perlu Anda perhatikan dalam menjalin kerja sama dengan influencer.
Ada kalanya, Anda harus melakukannya untuk satu varian produk atau malah perlu berkolaborasi dalam jangka panjang.
Baca Juga: Beda Konten Beda Harga, Ternyata Ini 7 Elemen yang Masuk dalam Rate Card Influencer
Sebenarnya, dua strategi ini sama-sama memiliki kelebihan karena saat berkolaborasi jangka pendek, Anda bisa membuat produk tersebut lebih eksklusif dan pastinya, nilai dari produk fashion yang collab bareng influencer itu akan lebih tinggi.
Di sisi lain, kolaborasi jangka panjang bisa dilakukan dengan memilih influencer sebagai brand ambassador.
Strategi ini bisa memberikan awareness yang lebih tinggi karena orang akan mengenali brand Anda lewat sang influencer.
4. Jadikan Influencer Bagian dari Brand
Banyak yang masih menganggap influencer bertugas untuk membantu pemasaran.
Lebih dari itu, influencer seharusnya dijadikan bagian dari brand, Anda harus bisa meminta sang influencer untuk menjadi pendamping dari konsumen hingga mendatangkan sales.
Untuk itu, buat mereka layaknya bagian dari brand tersebut dan menjadi bagian dari tumbuhnya bisnis fashion yang Anda bangun.
Berikan lebih banyak pengetahuan tentang produk fashion kamu kepada mereka, jadi influencer bukan hanya sekadar foto dan mention akun media sosial saja.
5. Punya Kontrak yang Jelas
Tidak sedikit brand fashion yang punya masalah dengan influencer karena kontrak kerja yang tidak jelas.
Untuk meminimalkan hal tersebut, Anda perlu membuat kontrak yang jelas, tuangkan semua poin tentang kewajiban yang perlu dilakukan serta hak yang bisa didapat, jika ada masalah timbul, berpeganglah pada kontrak tersebut.