Find Us On Social Media :

Tak Perlu ke Bank, Begini 4 Cara Paling Aman Untuk Simpan Dana Darurat

Dana darurat.

GridFame.id - Sudahkah Anda memiliki dana darurat?

Memiliki dana darurat menjadi hal yang penting dalam pengelolaan keuangan.

Melansir dari situs resmi Kementerian Keuangan RI, dana darurat atau emergency fund adalah dana yang sengaja dipersiapkan untuk disimpan sebagai bentuk antisipasi dalam situasi darurat yang tidak diharapkan terjadi.

Dana darurat sangatlah penting karena dapat memberikan perlindungan finansial pada saat menghadapi situasi tak terduga. Ketersediaan dana darurat juga dapat menjadi indikator kesehatan keuangan setiap orang, terlebih yang sudah berkeluarga. Dana darurat merupakan salah satu aspek keuangan yang dapat menjadi solusi ketika menghadapi kejadian tak terduga. Seperti mendadak sakit, kehilangan pekerjaan, dan keperluan mendesak lainnya. Sebaiknya, dana darurat dimiliki oleh semua orang, baik yang berstatus single maupun sudah berkeluarga.

Sebab, mengumpulkan dana cadangan ini memiliki banyak manfaat, terutama dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Ada beberapa tips jika Anda ingin menyimpan dana darurat.

Simak ini 4 cara aman menyimpan dana darurat.

Baca Juga: Diramal Bakal Hadapi Peningkatan Pengeluaran Tiba-Tiba, Begini Tips Menyiapkan Dana Darurat yang Efektif untuk Shio Kerbau

Cara Aman Simpan Dana Darurat

1. Tabungan di Rekening Bank

Simpanan darurat perlu disimpan di rekening bank, karena keadaan darurat tidak mengenal waktu dan tempat.

Selain mudah dicairkan, menyimpan dana darurat di rekening bank juga menjadi instrumen yang paling aman dan cepat diakses.

Kekurangan menyimpan dana darurat di rekening bank ini adalah adanya risiko ketika terjadi inflasi yang membuat nilai uang menjadi turun.