Find Us On Social Media :

Duh! Saldo E-Wallet Wanita Ini Ludes Dibobol Buat Bayar Paylater Penipu yang Nyamar jadi Kurir Paket, Begini Modusnya

modus penipuan baru

GridFame.id - Semakin banyak cara licik pelaku penipuan di dunia maya.

Hal itu tentu membuat masyarakat perlu lebih berhati-hati.

Apalagi penipuan ini kerap terjadi melalui WhatsApp atau sosial media lainnya.

Para pelaku seolah tak pernah kehabisan akal untuk menjebak para korbannya.

Mulai dari link .apk, link undangan pernikahan, link tagihan BPJS Kesehatan dan berbagai modus lainnya.

Belum lama ini di akun X ada seorang warganet mengungkap kasus penipuan yang dialami saudaranya.

Sebuah link membuat akun e-wallet dibobol dan saldo dicuri.

Terkuak modus baru yang membuat saldo e-wallet ludes.

Lagi-lagi pelaku menyamar sebagai kurir paket.

Mau tahu bagaimana trik liciknya?

Simak ini modus yang dipakai pelaku agar tak jadi korban berikutnya.

Baca Juga: Niat Sedekah Malah Bubrah! Waspada, Ini Modus Penipuan yang Sering Terjadi saat Bulan Puasa

Melalui akun X pribadinya @juliyanti_jaya, ia menceritakan kasus penipuan yang dialami sang kakak.

Menurut Juli, saldo e-wallet kakaknya dibobol penipu setelah mengklik link dokumen yang dikirimkan.

Penipu mengaku sebagai kurir yang mengantarkan paket milik kakaknya.

"Kasus Penipuan Paket Guys kakak aku ketipu karna ada orang yang mengaku sebagai tukang paket dan tiba-tiba ngirim file seperti ini," tulis Juli.

Pelaku meminta uang sebesar Rp 2.500.000 atas paket yang dikirimkan dan hal itu membuat kakak Juli panik sehingga langsung mengklik link yang dikirimkan pelaku.

"Setelah itu isi filenya kosong tetapi DANA kakak aku dibobol oleh si pelaku. Total yang diambil ada 4,5 juta," jelasnya.

Juli juga mengunggah bukti pembobolan yang menunjukkan saldo DANA digunakan pelaku untuk membayar cicilan paylater miliknya.

Pelaku juga menggunakan saldo tersebut untuk membeli pulsa beberapa kali.

Kasus yang dialami kakak Juli merupakan modus baru untuk para pengguna aplikasi DANA. 

Belajar dari masalah ini, korban sebenarnya bisa membuat laporan ke pihak e-wallet yang dalam hal ini adalah DANA.

Pelaporan dapat dilakukan ke DIANA (Asisten Digital DANA) di halaman Saya pada menu Pusat Resolusi di aplikasi DANA untuk bantuan selanjutnya.

Baca Juga: Bukan Lapor ke OJK! Ini Langkah yang Bisa Dilakukan Jika Kena Tipu Joki Galbay Pinjol

Pastikan laporan yang Anda ajukan mengandung informasi berikut:

1. Urutan kejadian penipuan secara singkat, padat dan jelas.

2. Melampirkan Foto/Screenshot Bukti Transfer (dapat berupa mutasi rekening yang menunjukkan tanggal dan jam transaksi ke DANA), Foto/Screenshot Chat atau Log Panggilan Telepon dengan pihak Terlapor (terduga penipu) dan/atau bukti pendukung lain yang bisa memperkuat laporan Anda.

Customer Care kami akan menghubungi Anda untuk memverifikasi laporan tersebut dan menindaklanjuti dalam 7x24 jam sejak pelaporan dilakukan.

Semoga informasi ini dapat membantu.

Baca Juga: Geger Personil Super Junior Siwon Choi Diduga Terlibat Kasus Penipuan Kripto, Tips Memilih Investasi yang Aman