Find Us On Social Media :

Dapat Kiriman Email Pajak? Jangan Asal Klik, Ciri-ciri Link Phising

modus penipuan email

GridFame.id - Phishing adalah tindakan penipuan di mana penipu mencoba untuk mendapatkan informasi sensitif dari korban dengan menyamar sebagai entitas tepercaya.

Link phishing adalah salah satu teknik yang digunakan dalam phishing, di mana penipu menciptakan tautan palsu yang terlihat seperti tautan dari situs web resmi untuk memperdaya korban.

Penipu akan mengirimkan email atau pesan teks yang berisi tautan phishing kepada korban.

Tautan tersebut akan mengarahkan korban ke situs web palsu yang terlihat seperti situs resmi, seperti situs bank atau layanan online terkenal.

Di situs web palsu ini, korban akan diminta untuk memasukkan informasi pribadi seperti username, password, atau informasi keuangan.

Beberapa ciri-ciri link phishing antara lain URL yang mencurigakan, tekanan waktu untuk bertindak segera, permintaan informasi pribadi, tata letak dan tampilan yang buruk, serta tidak adanya kunci ganda atau HTTPS.

Phishing dapat memiliki dampak yang merugikan bagi korban, seperti pencurian identitas, kehilangan uang, atau kerugian finansial lainnya.

Selain itu, korban juga dapat mengalami kerugian reputasi jika informasi pribadi mereka digunakan untuk melakukan tindakan kriminal.

Penipuan link phising yang marak terjadi biasanya mengirimkan link melalui chat atau di media sosial.

Namun, kini juga bisa link tersebut muncul di email seperti yang sempat terjadi mengaku dari pihak pajak.

Ciri-ciri link phising yang wajib diketahui.

Baca Juga: Waspada! Modus Penipuan Penerima Bansos Berujung Phising, Lakukan Ini Jika Terlanjur Klik