Find Us On Social Media :

Harga Sembako Naik Turun Jelang Ramadhan, Begini Tips Hemat Beras Meski Masak Sahur dan Buka

Ilustrasi penjual beras

GridFame.idHarga sembako, seperti beras, minyak goreng, gula, dan telur, seringkali cenderung meningkat menjelang bulan Ramadan.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kenaikan harga sembako menjelang Ramadan

Selama bulan Ramadan, permintaan sembako cenderung meningkat karena konsumsi masyarakat biasanya meningkat saat mereka mempersiapkan makanan untuk berbuka puasa dan sahur.

Ini dapat mendorong kenaikan harga karena penjual dapat menaikkan harga untuk memanfaatkan permintaan yang tinggi.

Terkadang pasokan sembako dapat menjadi terbatas karena beberapa faktor, seperti cuaca buruk atau gangguan dalam rantai pasokan.

Ini dapat menyebabkan kenaikan harga karena barang menjadi lebih sulit untuk ditemukan.

Biaya produksi sembako, seperti biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, atau biaya transportasi, dapat meningkat, yang akhirnya dapat mengakibatkan kenaikan harga untuk menutupi biaya tambahan tersebut.

Inflasi umum dalam perekonomian juga dapat menyebabkan kenaikan harga sembako, karena nilai uang menurun dan biaya hidup menjadi lebih tinggi.

Perubahan kebijakan pemerintah, seperti perubahan dalam kebijakan perdagangan atau kebijakan fiskal, juga dapat mempengaruhi harga sembako.

Spekulan pasar atau manipulasi harga oleh pihak tertentu juga dapat menyebabkan kenaikan harga sembako.

Untuk mengatasi kenaikan harga sembako menjelang Ramadan, beberapa langkah yang dapat diambil adalah membeli sembako dalam jumlah yang cukup sebelum kenaikan harga terjadi, membandingkan harga di berbagai tempat untuk mendapatkan harga terbaik, dan mencari penawaran atau diskon khusus yang ditawarkan oleh toko-toko atau supermarket.

Baca Juga: 5 Tips Hemat Gas Biar Pengeluaran Bulan Puasa Tak Membengkak, Kebersihan Kompor Berpengaruh!