Find Us On Social Media :

Kaum Mumpung-Mumpung Wajib Waspada! Di Mega Sale Ramadan Ada Bagi-bagi Motor dan Mobil Seharga Cuma Rp 1 Plus Paket Umrah Premium Gratis!

Kaum Mumpung-mumpung berburu diskon dan promo di momen Ramadan.

GridFame.id – Bulan suci Ramadan kembali hadir menyapa umat muslim.

Berbagai persiapan pun dilakukan, mulai dari persiapan kebutuhan untuk berpuasa hingga kebutuhan menyambut Hari Raya.

Setiap tahunnya, industri ritel terus mengantisipasi kenaikan transaksi belanja konsumen.

Namun di tahun ini, Lazada Indonesia mengungkapkan keunikan baru dari kebiasaan konsumen dalam memenuhi kebutuhan selama momen Ramadan dan menjelang Hari Raya Lebaran.

Konsumen Indonesia kian cerdas dalam melakukan persiapan dan perencanaan belanja, khususnya dengan memanfaatkan berbagai penawaran menarik.

Nah, sebagian dari kita pasti pernah mendengar istilah “aji mumpung” atau “kaum mumpung mumpung”, kan?

Kaum ini didefinisikan sebagai kalangan masyarakat yang selalu memaksimalkan berbagai kesempatan menarik.

Perilaku ini tergambar dari hasil survei yang dilakukan Lazada terhadap 600 responden berusia 19 hingga 35 tahun.

Survei mengungkapkan, sebanyak 95% dari responden aktif saat ini gencar mencari info diskon atau promo belanja selama Ramadan, terutama melalui belanja online.

Hal ini  selaras dengan riset perilaku konsumen yang dilakukan Google, sebanyak 93% pembelian yang terjadi selama Ramadan telah direncanakan oleh konsumen (sumber: https://services.google.com/fh/files/misc/winning_ramadan_2024_playbook.pdf.)

Baca Juga: Mau Ikut Bazar Ramadhan? Hindari 5 Hal Ini Kalau Ingin Raup Keuntungan Maksimal

Baca Juga: Ide Jualan Paling Diserbu saat Ngabuburit, Ini Tips Dagang Es Semangka di Bulan Puasa

Rencana Belanja Sebelum Ramadan dan Hari Raya

Amelia Tediarjo, Head of Operations Lazada Indonesia, menyampaikan, “Momen belanja Ramadan menjadi salah satu momen dengan peningkatan transaksi yang signifikan.

Menurutnya, kata Amelia, pihaknya memahami konsumen saat ini semakin terencana dalam berbelanja kebutuhannya di bulan Ramadan.

“Dari hasil survei yang kami lakukan, lebih dari 80% responden mengatakan, perencanaan berbelanja kebutuhan Ramadan dilakukan satu sampai dua minggu sebelum memasuki puasa,” imbuh Amelia.

Oleh karena itu, lanjutnya, Lazada Ramadan Sale dihadirkan sejak menjelang bulan Ramadan dan akan berlangsung selama satu bulan penuh.

Yaitu dari tanggal 8 Maret hingga 8 April 2024, sehingga bisa membantu konsumen memenuhi kebutuhan mereka di setiap fase dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Lebih dari 80% responden juga mengatakan, perencanaan belanja kebutuhan Ramadan dilakukan beberapa hari hingga 1 sampai 2 minggu sebelum memasuki puasa.

Untuk mengantisipasi hal ini, Lazada Ramadan Sale dimulai satu minggu menjelang puasa, dan berlangsung selama satu bulan penuh, sejak 8 Maret hingga 8 April.

Hal ini dilakukan agar dapat memaksimalkan pengalaman belanja konsumen selama bulan Ramadan ini.

Tak ketinggalan, konsumen juga dapat bermain Lucky Egg melalui aplikasi Lazada dan memenangkan 1 paket umrah, gratis!

Lucky Egg bisa dimainkan setiap hari, mulai 8 Maret hingga 8 April. Khusus untuk periode Mega Sale, terdapat 5 paket umrah premium yang dapat dimenangkan setiap harinya.

Amelia yang juga menjabat sebagai Senior Vice President Campaigns, Traffic, and Onsite Marketing Lazada Indonesia, menyampaikan, “Kebutuhan kian bertambah dan berubah selama Ramadan.”

Yang mana, lanjutnya, kebutuhan rumah tangga merupakan kategori yang menjadi favorit konsumen untuk berbelanja jelang persiapan Ramadan, dengan persentase sebanyak 74.5% (Survey Perilaku Transaksi dan Belanja Ramadhan)

Hal ini berlangsung hingga ke minggu berikutnya, kebutuhan semakin luas merambah kategori fashion hingga perlengkapan mudik.

Baca Juga: Bisa Buat Simpan THR! Begini Cara Buka Rekening untuk Anak di Bawah 17 Tahun di BCA

Baca Juga: 5 Rekomendasi Angpao THR Lebaran yang Murah Tapi Kreatif, Anak Pasti Suka!

 

Kebutuhan Rumah Tangga Favorit Selama Ramadan

Untuk itu, Lazada mengajak konsumen untuk memilah info dan memanfaatkan berbagai promo dan diskon menarik yang dihadirkan Lazada agar tak hanya sekadar menjadi “kaum mumpung-mumpung”.

Untuk memulai antisipasi lonjakan pembelian pada bulan Maret ini, Lazada menghadirkan berbagai penawaran yang dapat ditemukan.

Dimulai dari program sebelumnya, yakni Lazada Sale 3.3, yang dimanfaatkan konsumen untuk  pemenuhan kebutuhan pokok dan harian.

Yang mana produk-produk ibu dan anak, seperti popok dalam jumlah besar dan susu siap saji menjadi produk paling diminati, bersamaan dengan produk perawatan pribadi, seperti sampo dan sabun.

“Setelah memenuhi kebutuhan pokok dan harian, kebutuhan konsumen menjelang Ramadan dan di minggu-minggu pertama Ramadan, bergeser ke kebutuhan rumah tangga yang menjadi kategori favorit”.

Dilanjutkan dengan Ramadan Sale, yang mana konsumen dapat menikmati diskon sampai 50%, serta voucher bonus hingga Rp 1 juta.

Tak kalah menarik, pelanggan setia Lazada bisa mendapatkan penawaran terbaik pada periode puncak Mega Sale Ramadan, dimulai pada 24 Maret hingga 31 Maret, pukul 20.00 WIB.  

Tersedia diskon hingga 75%, serta voucher bonus hingga Rp 1,4 juta. Dan tentunya Lazada selalu memberikan Gratis Ongkir tanpa minimum pembelian se-Indonesia.

Baca Juga: Menaker Tegas Sebut THR Tak Boleh Dicicil! Begini Cara Melaporkan Perusahaan yang Langgar Aturan

Baca Juga: Kita Bisa Dapat Takjil Gratis Kalau Buka Puasa di Deretan Restoran Ini

 

Memberdayakan Brand Lokal Indonesia

Tak hanya itu, konsumen juga bisa mendapatkan berbagai penawaran spesial khusus bulan Ramadan melalui aplikasi Lazada, sebagai cara Lazada menemani momen Ramadan para konsumen, seperti:

Selain menghadirkan beragam diskon dan voucher bonus, Lazada juga mengadakan seller conference pada 13 Maret lalu yang dihadiri 700 sellers.

Kegiatan ini untuk memberi pengetahuan, strategi, dan meningkatkan kolaborasi, guna memaksimalkan penjualan selama Ramadan, melalui lewat berbagai workshop yang dihadiri trainer ternama.

Salah satunya Rika Yeo, yang berbagi insight mengenai tips dan trik berjualan yang dapat diaplikasikan oleh seller lainnya.

Seluruh rangkaian ini, kata Amelia, merupakan bentuk komitmen Lazada. Tak hanya kepada para konsumen namun dalam upaya untuk terus memberdayakan brand lokal Indonesia.

“Serta memberi kesempatan kepada pemilik brand untuk mengoptimalkan momentum Ramadan, guna meningkatkan keuntungan dan pertumbuhan bisnis mereka,” tutup Amelia.