Find Us On Social Media :

Libur Lebaran Makin Happy Bila THR Bisa Dikelola Secara Bijak

Bijak mengelola THR agar keuangan tetap sehat dan stabil di momen Hari Raya.

GridFame.id – Menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, satu hal yang paling dinanti para karyawan adalah cairnya Tunjangan Hari Raya (THR).

THR bisa digunakan untuk banyak hal, dari biaya mudik, membeli keperluan hari raya, membeli baju baru, kue kering, bahkan membagi-bagikannya kepada sanak keluarga.

Keperluan menjelang Lebaran yang tak sedikit ini, tentu membuat kita untuk mampu mengatur THR secara bijak agar tidak lekas habis sebelum hari raya tiba.

Berkaitan dengan pentingnya cara mengatur THR, NOVA bersama MSIG Life mengadakan webinar bertajuk "Trik Atur THR & Proteksi Diri Agar Libur Lebaran Happy", pada Jumat (22/3) lalu.

Pada acara ini, sejumlah kiat dalam mengatur keuangan terutama menjelang Lebaran dan pengelolaan dana THR banyak dihabas.

Baca Juga: Kerja Belum Setahun? Sini Simak Cara Hitung THR Sesuai Masa Kerja

Baca Juga: Siap Panen THR Lebaran Nanti! Ini Rekomendasi Investasi yang Cocok dan Aman untuk Pelajar

Dua Tips Penting Mengelola THR

Rista Zwestika, CFP, WMI, WPS, certified financial planner dari PINA yang menjadi narasumber pada webinar ini membagikan tips mengelola atau mengatur THR.

  1. Buat Daftar Biaya Kebutuhan

Tips pertama mengelola THR secara bijak adalah dengan membuat daftar biaya kebutuhan.

Selama Ramadan sampai Hari Raya Idul Fitri, sering kali akan ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi.

Kebutuhan Ramadan dan Lebaran sangat beragam, di antaranya membayar zakat fitrah, biaya mudik, belanja sajian lebaran, baju lebaran, THR untuk keluarga, hampers untuk kerabat, dan lainnya.

"Kita siapkan biaya mudik secara detail, apakah lewat jalur darat, udara, atau air. Semua hal harus diperhatikan sedetail mungkin. Jangan sampai boncos, tiba-tiba ngambil dari dana darurat," terang Rista.