Find Us On Social Media :

Mau Coba Beli Tiket Motis Untuk Mudik? Begini Kata DJKA Kalau Cuma Penumpang Saja

GridFame.id - Kini media sosial tengah ramai membahas soal tiket motor gratis (motis) 2024 yang digunakan untuk alternatif pemudik yang tidak kebagian tiket kereta api di momen Lebaran 2024.

Tiket motis 2024 sendiri dapat mengangkut satu motor pemudik dengan dua penumpang yang membeli tiket.

Harga tiket motis untuk penumpang juga terbilang ekonomis, yaitu kisaran harga Rp 10.000-Rp 20.000.

"Kehabisan tiket kereta lebaran? Mungkin ini bisa salah satu opsinya menggunakan kereta Motis yang dapat dipesan H-1 hingga hari H keberangkatan Tersedia 3 rute PP • Cilegon - Pasarsenen - Semarang Tawang • Pasarsenen - Kiaracondong - Madiun • Pasarsenen - Purwokerto - Kutoarjo," tulis @sahabat_kereta, Selasa (2/4/2024).

Pendaftaran motis 2024 dibuka mulai 4-18 April 2024 dengan jadwal keberangkatan pada 2-8 April 2024 untuk arus mudik dan 13-19 April untuk arus balik.

Benarkah bisa?

Penjelasan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kepala Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Anggie Dian buka suara soal tiket motis yang digunakan hanya untuk mengangkut penumpang saja.

Anggie memastikan, tiket motis tersebut tidak bisa dibeli dan digunakan untuk mengangkut penumpang saja.

"Tiket motis untuk motor dengan tambahan 2 penumpang, belum bisa untuk penumpang saja," kata dia, saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (2/4/2024).

Hingga saat ini, Anggie mengatakan bahwa kuota motis sudah terpenuhi hampir 90 persen.

Namun, DJKA tidak menutup kemungkinan akan membuka tiket motis untuk penumpang saja. Dengan catatan, kuota tiket motis 2024 masih sisa.

Baca Juga: Dapat Tawaran Tiket Mudik Gratis Pakai Traveloka Paylater? Hati-hati, Ini yang Harus Dilakukan Biar Tak Ketipu