Find Us On Social Media :

Jangan Ngide Cuci dan Setrika Uang Demi Kasih THR Kalau Tak Mau Begini Akhirnya

GridFame.id - Siapa yang sudah menukar uang untuk THR Lebaran 2024?

Banyak orang yang mengeluhkan kalau penukaran uang sulit dilakukan karena antrian yang mengular.

Alhasil, sebuah tips mencuci dan menyetrika uang rupiah kertas ramai di sejumlah media sosial menjelang hari raya Idul Fitri 2024.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim mengatakan, mencuci dan menyetrika uang rupiah justru akan mempercepat kerusakan uang.

Untuk itu pihaknya mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak uang rupiah.

"Bank Indonesia mengajak masyarakat untuk menjaga dan merawat rupiah dengan tidak melipat, meremas, membasahi, mencoret, dan menstaples," kata Marlison saat dihubungi Kompas.com, Rabu (3/4/2024).

Marlison menyampaikan, ketentuan sebenarnya tidak mengatur larangan untuk mencuci dan menyetrika rupiah, sehingga tidak ada sanksi bagi pelaku.

Namun, Bank Indonesia terus mengimbau masyarakat untuk senantiasa merawat dan menjaga rupiah agar tidak cepat rusak.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk merawat dan menjaga rupiah dengan tidak melakukan hal-hal tersebut agar rupiah tetap terjaga dengan baik dan tidak cepat rusak," ucapnya.

Berkenaan dengan penukaran uang baru yang dinilai sulit, menurut Marlison, BI terus meningkatkan layanan baik dari sisi jumlah kegiatan maupun paket nominal penukaran.

Mulai 15 Maret hingga 7 April 2024, BI memberikan layanan penukaran di 449 titik, sedangkan perbankan di 4.264 titik atau kantor bank dengan 600 titik di antaranya berada di Jabodebek.

Baca Juga: Nah Loh! Akibat Kecanduan Judi dan Pinjaman Online, Uang THR Rp 7 Juta Lenyap Begitu Saja