Find Us On Social Media :

Waspada! Banyak Uang Palsu Beredar Setelah Lebaran, Cek Recehan Sekarang Juga!

GridFame.id -  Coba cek recehan berbentuk uang kertas sekarang juga!

Pasalnya, ada informasi yang menyebut uang rupiah pecahan kecil palsu banyak beredar setelah Lebaran, ramai di media sosial.

Informasi tersebut disebarkan oleh akun Avryanto Nugroho dalam grup Facebook "info cegatan jogja", Jumat (12/4/2024).

Tampak dalam unggahan, kompilasi foto uang Rp 10.000 asli dan palsu yang sekilas tidak memiliki perbedaan.

"Dari segi kertas, lebih tebal, luntur, juga benang pengaman gak secerah uang asli. Di lampu UV, juga gak kelihatan bayangannya," tulis pengunggah.

Pengunggah mengatakan, uang pecahan kecil palsu seperti nominal Rp 5.000, Rp 10.000, dan Rp 20.000 lebih banyak beredar.

Oleh karena itu, dia mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat menerima kembalian dan memeriksa uang sebelum pergi.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim mengatakan, pihaknya telah menerapkan strategi untuk mengatasi rupiah palsu.

"Bank Indonesia telah merumuskan dan melaksanakan tiga strategi utama dalam menanggulangi peredaran uang palsu," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (14/4/2024).

Pertama, memastikan uang rupiah yang diedarkan berkualitas, aman, dan andal melalui standardisasi rupiah, meningkatkan kualitas unsur pengaman, serta pemanfaatan hasil analisis laboratorium uang palsu, yakni Bank Indonesia Counterfeit Analysis Center.

Kedua, BI juga melakukan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat secara terencana dan berkelanjutan terhadap program Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah.

Baca Juga: Cara Daftar Beasiswa BCA 2024 Untuk Lulusan SMA dan SMK, Dapat Uang Saku