Find Us On Social Media :

Bagaimana Jika Klaim Asuransi Kesehatan Ditolak padahal Sudah Ajukan Sesuai Syarat dan Ketentuan di Polis? Simak Penjelasannya

Langkah jika klaim asuransi kesehatan ditolak.

GridFame.id - Ini langkah yang bisa dilakukan jika pengajuan klaim asuransi kesehatan ditolak.

Asuransi kesehatan merupakan salah satu proteksi finansial yang penting untuk dimiliki.

Asuransi kesehatan berfungsi sebagai proteksi finansial dari risiko sakit yang mungkin akan terjadi di masa mendatang.

Jadi, Anda tak perlu lagi pusing cari biaya pengobatan jika sewaktu-waktu jatuh sakit.

Sebagaimana diketahui, biaya pengobatan dan biaya rumah sakit tidaklah murah.

Apalagi kalau ada kondisi medis tertentu yang membutuhkan perawatan lebih lanjut.

Namun, ternyata banyak sekali yang pengajuan klaimnya ditolak.

Beberapa orang bahkan mendapatkan penolakan padahal merasa sudah mengikuti syarat dan ketentuan yang tertera di polis.

Lalu, apa yang bisa dilakukan jika mengalami masalah di atas?

Berikut langkah jika klaim asuransi kesehatan ditolak padahal sudah ajukan sesuai syarat dan ketentuan di polis.

Simak sampai tuntas, yuk!

Baca Juga: Sepele tapi Penting! Ternyata Ini Alasan Polis Asuransi Harus Dievaluasi Rutin  

Klaim Asuransi Kesehatan Ditolak

Sebagian dari Anda mungkin pernah mendapatkan penolakan ketika ajukan klaim asuransi kesehatan.

Atau mungkin saat ini Anda sedang mengalaminya?

Kalau iya, jangan panik dulu karena ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa upaya yang bisa dilakukan jika klaim ditolak.

1. Periksa Alasan Penolakan

Pertama-tama, periksa alasan penolakan terlebih dulu.

Periksa satu per satu dan cocokkan dengan ketentuan yang ada di dalam polis.

2. Ajukan Banding

Kalau Anda merasa semua sudah sesuai, Anda bisa ajukan banding.

Hubungi customer service perusahaan asuransi dan tanyakan apakah ada jalur banding atau tidak.

Baca Juga: Benarkah Premi Asuransi Kendaraan Listrik Lebih Mahal? Ini Manfaat dan Alasannya 

Kalau ada, langsung tanyakan prosedurnya.

Selanjutnya, catat dan ikuti prosedur yang diberikan oleh customer service.

3. Siapkan Dokumen Tambahan

Biasanya, perusahaan asuransi akan meminta dokumen tambahan.

Misalnya surat pengajuan banding, dokumen medis tambahan, dan lain-lain.

Jika sudah, Anda bisa mengajukan banding ke perusahaan asuransi.

Jangan lupa pantau secara berkala, ya.

Semoga informasinya bermanfaat!

Baca Juga: Belajar dari Indra Bekti dan Unang, Simak Premi Asuransi Mulai 20 Ribu Per Bulan Demi Manfaat Seumur Hidup