Find Us On Social Media :

Begini Ciri-ciri Modus Penipuan Money Mule yang Banyak Menjerat Korban

Ciri-ciri Modus Penipuan Money Mule

GridFame.id - Penipuan Money Mule adalah salah satu jenis kejahatan keuangan yang melibatkan penggunaan individu atau entitas sebagai perantara untuk mentransfer dana hasil kejahatan atau uang yang dicuri.

Money mule seringkali tidak menyadari bahwa mereka terlibat dalam aktivitas ilegal dan hanya diperalat oleh pelaku kejahatan untuk menyembunyikan jejak atau mendistribusikan uang secara ilegal.

Money mule adalah individu yang digunakan oleh penjahat untuk melaksanakan transaksi finansial atas nama mereka.

Mereka biasanya diberi instruksi untuk mentransfer dana antar rekening bank atau bahkan lintas negara, menggunakan rekening bank pribadi mereka.

Money mule juga dapat diminta untuk menerima dana hasil kejahatan atau uang yang dicuri dari korban dan kemudian mentransfernya ke rekening lain.

Money mule sering dipekerjakan oleh pelaku kejahatan melalui tawaran pekerjaan palsu yang terdengar menggiurkan.

Mereka mungkin dijanjikan penghasilan tinggi dengan tugas sederhana, seperti menerima dan mentransfer dana.

Money mule juga dapat direkrut melalui taktik phishing di mana mereka disesatkan dengan iming-iming hadiah atau kompensasi finansial.

Penipu akan menyamar sebagai recruiter atau perusahaan yang sah untuk meyakinkan money mule potensial bahwa tawaran pekerjaan itu nyata.

Dalam dunia kejahatan daring, modus penipuan money mule atau pengangkut uang ilegal semakin mengkhawatirkan.

Mengenali ciri-ciri modus penipuan money mule dapat membantu melindungi diri dari terlibat dalam kegiatan ilegal tersebut.

aBaca Juga: Marak Modus Penipuan Link Phising di WA, Gunakan Satu Fitur Ini Agar Data Pribadi Lebih Aman