Find Us On Social Media :

Simak 7 Tips Gunakan Pinjaman KUR BRI Untuk UMKM Agar Terhindar Dari Galbay

KUR BRI

GridFame.id -  Pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan salah satu solusi pembiayaan yang disediakan oleh pemerintah Indonesia untuk membantu pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM).

Pinjaman ini dirancang untuk memberikan akses permodalan dengan bunga rendah, sehingga UKM dapat berkembang lebih cepat dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian nasional.

Namun, seperti halnya dengan pinjaman lainnya, pemanfaatan KUR yang tidak bijak dapat menyebabkan galbay (gagal bayar).

Tujuan utama dari program KUR BRI adalah memberikan akses pembiayaan kepada usaha mikro, kecil, dan menengah yang layak namun belum memiliki akses ke kredit komersial.

Dengan bunga yang lebih rendah dibandingkan pinjaman komersial lainnya, KUR BRI diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dari sektor UKM.

Manfaat lain yang diberikan oleh KUR BRI meliputi proses pengajuan yang lebih mudah, persyaratan yang tidak terlalu rumit, dan adanya pendampingan serta pelatihan bagi penerima KUR untuk meningkatkan kapasitas dan kinerja usaha mereka.

KUR BRI terbagi dalam beberapa jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan pelaku usaha, yaitu KUR Mikro, KUR Kecil, KUR TKI, dan KUR Khusus.

KUR Mikro adalah pinjaman dengan plafon hingga Rp25 juta, cocok untuk usaha mikro dengan skala yang masih kecil.

KUR Kecil menawarkan plafon dari Rp25 juta hingga Rp500 juta, diperuntukkan bagi usaha kecil yang sudah lebih berkembang.

Namun, meski mendapatkan pinjaman, Anda harus mempergunakannya dengan baik.

Bagaimana tipsnya?aaaaa

Baca Juga: Simak 3 Jenis Usaha yang Bakal Ditolak Saat Pengajuan Pinjaman KUR BRI