GridFame.id - Apa yang harus dilakukan jika terlanjur melakukan pemesanan ternyata salah alamat?
Berbagai hal bisa terjadi setelah seseorang melakukan belanja online.
Bukan tanpa alasan, kesalahan alamat biasa terjadi saat seseorang lupa mengecek lagi rincian pesanan yang dilakukan.
Padahal Shopee sendiri menyediakan setidaknya 10 kolom alamat yang bisa dituju sebagai lokasi penerima pesanan.
Hal itu tentu mempermudah saat pengguna ingin mengirim hadiah pada beberapa alamat sekaligus.
Seharusnya, pengguna memiliki satu alamat yang ditunjuk sebagai alamat utama.
Namun jika lupa, Shopee memiliki cara untuk mengatasinya.
Pengguna difasilitasi untuk membatalkan pesanan yang sudah dibuat.
Baik sebelum barang dikirim oleh penjual maupun setelah dikirim.
Lalu bagaimana prosedur pembatalan pesanan Shopee jika barang terlanjur dikirim?
Tenang, simak caranya di sini.
Baca Juga: Mau Banyak yang Klik Link Shopee Affiliate? Simak Tips Gacor Ini!
Cara membatalkan pesanan di Shopee yang sudah dikirim bisa dilakukan oleh pengguna yang salah memesan barang.
Namun terdapat syarat dan ketentuan yang perlu diperhatikan pengguna Shopee.
Salah satunya, cara membatalkan pesanan di Shopee yang sudah dikirim hanya dapat dilakukan atas persetujuan seller atau penjual.
Selain itu, untuk pengembalian barang, pembeli hanya dapat mengajukan satu kali permintaan pembatalan untuk setiap pesanan.
Jika pengajuan pembatalan ditolak oleh seller, maka pembeli tidak dapat mengajukan pembatalan lagi untuk pesanan yang sama.
Seperti diketahui, berbelanja online sudah menjadi kebiasaan baru masyarakat di era digital. Saat ini, siapapun dapat membeli barang atau produk dengan mudah tanpa harus keluar rumah.
Cukup membuka smartphone yang terhubung dengan jaringan internet, Anda bisa memesan barang atau produk yang diinginkan.
Selain pemesanan barang, beberapa e-commerce juga sudah menyediakan fitur pembatalan pesanan untuk memudahan pengguna. Salah satunya adalah Shopee.
Bagaimana cara membatalkan pesanan di Shopee?
Baca Juga: Mau Dapat Penghasilan dari Shopee? Begini Syarat dan Ketentuan Gabung Shopee Affiliate Serta Keuntungan yang Bakal Didapatkan
Dilansir dari laman Shopee.co.id, cara membatalkan pesanan di Shopee bisa dilakukan dengan mudah. Bagi Anda yang ingin membatalkan pesanan di Shopee, ada beberapa alternatif alasan yang bisa dipilih, yaitu:
1. Penjual tidak menjawab chat.
2. Permintaan penjual.
3. Pembeli ingin mengubah rincian dan membuat pesanan baru.
4. Produk memiliki ulasan buruk.
5. Pembeli ingin mengubah alamat pengiriman barang.
6. Pembeli menemukan produk dengan harga yang lebih rendah.
7. Penjual membutuhkan waktu lama untuk mengirimkan pesanan.
8.Pembeli berubah pikiran dan lainnya.
Shopee sendiri memiliki tiga jenis pembatalan pesanan. Pembatalan tersebut meliputi pembatalan instan, pembatalan noninstan, dan pembatalan otomatis.
Baca Juga: Apakah Data Kita di Shopee Paylater Aman? Wajib Tahu yang Satu Ini Sebelum Pakai!
Pembatalan instan adalah jenis pembatalan yang bisa dilakukan secara langsung sebelum penjual mengatur pengiriman, Anda dapat mengurungkan pembelianmu maksimal 1 jam setelah pembayaran terverifikasi.
Adapun pembatalan noninstan adalah pembatalan yang dilakukan ketika penjual telah mengatur pengiriman dan memasukkan nomor resi.
Jenis pembatalan ini mengharuskan pembeli mendapat persetujuan dari seller terlebih dahulu.
Seller dapat menolak pembatalan ini jika barang sudah terlanjur dikirim. Untuk mengatasinya, Anda bisa memilih mengajukan pengembalian barang dengan alasan tertentu jika memang diperlukan.
Sedangkan pembatalan otomatis yaitu apabila barang yang sudah Anda pesan akan otomatis dibatalkan jika penjual tidak mengatur pengiriman atau memasukkan resi hingga batas waktu pengemasan berakhir.
Selain itu, jenis pembatalan ini juga bisa terjadi jika seller tidak menyerahkan paket ke kurir setelah dua hari sejak masa pengemasan atau sejak resi keluar.
Berikut adalah langkah-langkah atau cara membatalkan pesanan di Shopee melalui aplikasi:
- Buka aplikasi Shopee.
- Klik menu "Pesanan Saya".
- Klik bagian "Dikirim"
- Pilih pesanan mana yang ingin dibatalkan.
- Gulir ke bawah lalu klik tombol "Batalkan Pesanan".
Tunggu beberapa saat sampai penjual menyetujui pembatalan pesanan yang kamu ajukan
Jika sudah disetujui, dana akan dikembalikan ke akunmu dalam waktu 1×24 jam atau 7-14 hari tergantung pada metode pembayaran yang kamu pilih.
Apabila ternyata pesanan sudah terlanjur diterima, Anda bisa mengajukan pengembalian barang. Tentunya, Anda harus mengomunikasikan hal ini kepada seller terlebih dahulu agar tidak terjadi salah paham.
Berikut langkah-langkah atau cara mengembalikan barang pesanan di Shopee:
- Buka aplikasi Shopee.
- Pilih menu Pesanan Saya.
- Klik bagian "Dikirim".
- Pilih pesanan yang ingin Anda kembalikan.
- Klik Ajukan "Pengembalian".
- Pilih alasan pengembalian yang telah tersedia.
- Pilih opsi "Pengembalian Barang & Dana".
- Klik tombol "Kirimkan".
- Kirimkan barang dalam rentang waktu yang telah ditetapkan oleh Shopee.
Pengembalian dana akan diproses dalam 3-5 hari kerja setelah pesanan sampai ke tangan seller.
Biaya pengembalian barang umumnya sepenuhnya akan ditanggung oleh pembeli yang melakukan pengembalian barang. Karena itu, pastikan Anda sudah yakin akan mengembalikannya atau tidak.
Baca Juga: Ternyata Segini Besar Biaya Admin yang Ditanggung Penjual Jika Berjualan di Shopee
Artikel Ini Telah Tayang Sebelumnya di Kompas.com dengan Judul "Mudah, Begini Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Sudah Dikirim"
Source | : | Kompas.com |
Penulis | : | Nindy Nurry Pangesti |
Editor | : | Nindy Nurry Pangesti |
Komentar