GridFame.id - Jangan khawatir kalau sampai barang pesanan yang dibeli dari Tokopedia tidak sesuai.
Soalnya, kita bisa melakukan retur barang atau pengembalian barang ke penjual.
Tapi sebelum melakukan retur, ada baiknya kita menghubungi penjual terlebih dulu lewat fitur chat di Tokopedia.
Tanyakan dengan baik kenapa sampai ada perbedaan pesanan dan barang yang diterima.
Jika terjadi kesepakatan untuk retur barang, maka bisa langsung mengikuti cara di bawah ini.
Berikut cara retur/mengirimkan barang kembali ke Penjual:
Dokumentasikan pengemasan atau kondisi paket sebelum dikirim guna mengantisipasi kendala lainnya.
Cantumkan nomor invoice yang berkendala di luar paket.
Jika menggunakan asuransi pengiriman, kita bisa memilih pengiriman Dijemput Tokopedia sehingga bisa langsung request pick up di Pusat Resolusi
Kita dapat datang langsung ke agen pengiriman yang bekerjasama dengan Tokopedia atau menggunakan layanan jemput/pick up ke rumah (Ninja Xpress, AnterAja, SiCepat, Rex Kiriman Express, Lion Parcel).
Pastikan tidak menggunakan layanan bayar di tempat (DFOD/COD) serta pengiriman instant kurir seperti GrabExpress dan Gosend untuk menghindari kendala pada proses pengiriman.
Apabila pesanan menggunakan Asuransi Pengiriman, maka kita dapat ajukan klaim ongkos kirim retur dengan nominal penggantian maksimal senilai ongkos kirim awal.
Cara Klaim Ongkos Kirim Return Tukar
Berikut cara pengajuan klaim ongkos kirim untuk retur tukar:
Penjual mengirimkan barang yang diganti.
Pada halaman Konfirmasi No. Resi, isi data pengiriman kemudian klik Simpan.
Selanjutnya klik Lanjut Konfirmasi.
Pengiriman berhasil dikonfirmasi.
Apabila menggunakan Asuransi Pengiriman, maka dapat klaim ongkir dengan klik Klaim Ongkir.
Klaim ongkir berhasil diajukan. Mohon tunggu sampai barang diterima kembali oleh Pembeli.
Apabila Pembeli sudah konfirmasi penerimaan barang, maka status akan berubah menjadi
Verifikasi Dokumen. Cek status dengan klik tombol Selengkapnya.
Berikut cara pengajuan klaim ongkos kirim return refund:
Kirim barang yang akan dikembalikan ke layanan kurir terdekat.
Isi data pengiriman kemudian klik Simpan.
Selanjutnya klik Lanjut Konfirmasi.
Pengiriman berhasil dikonfirmasi.
Kemudian tekan tombol Klaim Ongkir. Perlu diketahui bahwa return dan refund ongkos kirim dapat dilakukan apabila pembeli menggunakan Asuransi Pengiriman.
Klaim ongkir berhasil diajukan. Mohon tunggu sampai barang diterima kembali oleh Penjual.
Apabila Penjual sudah konfirmasi penerimaan barang, bisa cek status pengajuan dengan klik tombol Selengkapnya.
Pengajuan Klaim Ongkos Kirim selesai.
Tips Agar Pengembalian Barang Lebih Mudah
1. Selalu Membuat Dokumentasi saat Membuka Paket
Biasanya, saat kita berbelanja online, penjual mengingatkan untuk membuat video unboxing agar ketika ada barang yang rusak, terjadi kesalahan pengiriman, barang yang dikirim tidak sesuai pesanan, dll pembeli bisa melakukan komplain dan mengurus penggantian atau pengembalian dan refund.
Namun, pembeli kadang tidak sabar untuk segera membuka dan menganggap unboxing itu tidak penting.
2. Pahami Aturan Pengembalian Barang di Toko Tersebut
Pahami dan lakukan sesuai prosedur jika penjual sudah memberikan aturan/syarat pengembalian barang di toko/deskripsi produk
3. Tanyakan Prosedur Melalui Chat
Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, jika penjual tidak mencantumkan terkait hal tersebut, bisa ditanyakan melalui chat.
Khususnya jika pembelian berupa alat elektronik atau barang dengan nominal harga cukup besar
Komentar