GridFame.id - Ini beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum memilih bisnis online atau offline.
Saat ini, banyak orang yang punya bisnis sampingan.
Bisnis ini dijadikan penghasilan tambahan.
Soalnya, pendapatan dari satu pekerjaan saja tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan.
Ada dua jenis bisnis yang saat ini dijalankan orang-orang.
Yakni bisnis online dan bisnis offline.
Namun, sepertinya banyak yang masih bingung bisnis jenis apa yang cocok untuk pemula.
Pilihan antara bisnis online dan bisnis offline sebenarnya tergantung pada minat, keterampilan, sumber daya, dan preferensi Anda sebagai pemula.
Berikut adalah beberapa pertimbangan yang dapat membantu Anda memutuskan.
Apa saja?
Simak sampai tuntas!
Baca Juga: Yang Mau Buka Bisnis Rumahan Wajib Catat! Ini 4 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Tak Mudah Bangkrut
Sebelum menentukan memulai bisnis online atau offline, ada beberapa hal dari masing-masing jenis bisnis yang bisa dijadikan pertimbangan.
Bisnis online seringkali membutuhkan investasi awal yang lebih rendah dibandingkan bisnis offline.
Anda dapat menghindari biaya sewa toko fisik, inventaris, atau staf yang besar.
Dengan bisnis online, Anda dapat bekerja dari mana saja dan kapan saja selama Anda memiliki akses internet.
Ini memberi Anda fleksibilitas yang lebih besar untuk mengatur jadwal Anda sesuai kebutuhan Anda.
Dengan bisnis online, Anda dapat menjangkau pelanggan di seluruh dunia.
Anda tidak terbatas pada wilayah geografis tertentu, sehingga Anda memiliki peluang lebih besar untuk menarik pelanggan baru.
Jika Anda menikmati interaksi langsung dengan pelanggan, bisnis offline seperti toko fisik atau jasa pribadi dapat memberikan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan Anda.
Beberapa pelanggan mungkin lebih nyaman bertransaksi dengan bisnis fisik daripada bisnis online.
Kehadiran fisik Anda dapat memberikan kepercayaan dan keandalan yang lebih besar dalam bisnis Anda.
Dengan bisnis offline, Anda dapat lebih fokus pada pasar lokal dan mendukung komunitas lokal Anda.
Ini dapat membantu membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan dan komunitas setempat.
Sebagian isi artikel ini dibuat dengan menggunakan bantuan kecerdasan buatan.
Penulis | : | Hani Arifah |
Editor | : | Nindy Nurry Pangesti |
Komentar