GridFame.id – KBank, salah satu bank asal Thailand bertekad menghadirkan keahliannya di bidang ekosistem perbankan (ecosystem banking) ke Indonesia untuk pertama kalinya.
Hal ini merupakan upaya untuk menghadirkan layanan keuangan dan perbankan yang lebih baik kepada pelanggan, baik dari program kemitraan atau pengembangan layanan perbankan.
Dengan demikian, layanan yang ditawarkan KBank dapat selaras dengan kebutuhan ekonomi modern yang terus berkembang.
Berbekal pengalaman yang luas dalam ekosistem perbankan di seluruh wilayah AEC+3 (ASEAN Economic Countries +3), KBank bertekad menghadirkan pengalaman perbankan yang lancar dan membawa kontribusi dalam membentuk masa depan industri keuangan Indonesia.
Hal tersebut sejalan dengan misi Indonesia dalam mewujudkan inklusi keuangan melalui digitalisasi.
Salah satu tantangan ekosistem perbankan Indonesia dapat dilihat dari kurangnya akses pendanaan bagi UMKM yang berperan sebagai tulang punggung pertumbuhan ekonomi negara.
Hal ini diakibatkan oleh collateral allowance yang kurang baik. Banyak UMKM belum mendapatkan manfaat dari ekosistem perbankan dan akses ke pilihan pembiayaan alternatif.
Baca Juga: Perluas Jaringan di Pasar Indonesia, KBank Akuisisi Bank Maspion
SEDIAKAN BERBAGAI LAYANAN KEUANGAN TERINTEGRASI
Beruntung, untuk memberdayakan usaha kecil dan mendorong akses inklusi ke ekosistem perbankan, pemerintah telah mengembangkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) serta bekerja sama dengan bank untuk penyaluran pendanaan.
Pengembangan produk dan inisiatif kemitraan seperti ini telah mempermudah jutaan UMKM di seluruh Indonesia untuk mendapatkan pendanaan.
KBank menyadari kebutuhan akan pengalaman perbankan yang terintegrasi serta potensi pertumbuhan ekosistem perbankan di Indonesia.
Untuk memanfaatkan peluang tersebut, KBank berupaya memanfaatkan model ekosistem perbankan guna menawarkan integrasi layanan online dan offline yang terhubung bagi pelanggan Indonesia.
Penulis | : | Intan Yusan S |
Editor | : | Intan Yusan S |
Komentar