GridFame.id - Gimmick adalah sebuah trik atau strategi pemasaran yang bertujuan untuk menarik perhatian dan minat konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.
Gimmick biasanya berupa sesuatu yang unik, kreatif, atau berbeda dari yang lain, sehingga dapat membedakan produk atau jasa tersebut dari kompetitor.
Gimmick sangat penting bagi para pelaku usaha, terutama di bidang kuliner, yang menghadapi persaingan yang ketat.
Dengan gimmick yang tepat, usaha kuliner dapat meningkatkan awareness, engagement, dan loyalitas konsumen, serta memperluas pasar dan meningkatkan penjualan.
Namun, tidak semua gimmick bisa berhasil.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat gimmick untuk jualan makanan.
Sesuaikan gimmick dengan produk, konsep, dan target pasar usaha kuliner Anda.
Gimmick harus relevan dan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan konsumen Anda.
Buatlah gimmick yang mudah dipahami, diingat, dan disebarluaskan oleh konsumen.
Gimmick harus memiliki pesan yang jelas, sederhana, dan menarik, sehingga dapat mempengaruhi perilaku konsumen.
Buatlah gimmick yang berdampak positif bagi konsumen, usaha kuliner Anda, dan lingkungan.
Baca Juga: Gak Pasaran! Ini Ide Jualan yang Bakal Laku Keras Saat Valentine 2024, Yuk Langsung Buat!
Gimmick harus memberikan nilai tambah, manfaat, atau solusi bagi konsumen, serta tidak merugikan atau melanggar norma dan etika bisnis dan sosial.
Berikut adalah beberapa ide gimmick untuk jualan makanan yang bisa Anda coba:
Cara pertama adalah bisa dengan memberikan diskon, promo, atau bonus kepada konsumen.
Apalagi yang memenuhi syarat tertentu, seperti membeli dalam jumlah atau nominal tertentu, mengikuti program loyalitas, atau memberikan testimoni atau review positif.
Mau bikin konsumen balik lagi?
Kita bisa memberikan produk gratis atau sample kepada konsumen yang baru pertama kali mencoba produk Anda.
Atau bisa juga kepada konsumen yang melakukan pembelian ulang dengan membawa struk atau bukti belanja lainnya.
Gimmick jualan lainnya adalah memberikan produk edisi terbatas atau spesial yang hanya tersedia dalam waktu atau jumlah tertentu.
Kalau dalam bisnis kuliner, bisa yang memiliki rasa, bentuk, atau kemasan yang berbeda dari produk biasa.
Hal ini bisa sekaligus jadi ajang tes produk ke konsumen, apakah produk kita disukai atau tidak.
Kalau ternyata laku keras, maka bisa jadi produk baru yang permanen.
Baca Juga: Intip 5 Ide Jualan Hiasan dan Perintilan Imlek 2024 yang Pasti Laku!
Pasti sering lihat ada toko atau jualan lainnya yang memberikan giveaway kan?
Nah, itu bisa jadi salah satu gimmick yang baik.
Mengadakan kontes, kuis, atau giveaway bisa dengan menawarkan hadiah menarik bagi konsumen yang berpartisipasi, seperti voucher, merchandise, atau produk gratis.
Biasanya gimmick ini juga jadi ajang menambah followers sosial media sebuah bisnis agar lebih dikenal dan dilihat.
Bisa juga dengan mengadakan event, workshop, atau demo yang menampilkan proses pembuatan, bahan, atau resep produk Anda, atau yang mengajarkan konsumen cara membuat atau menikmati produk Anda.
Atau bisa juga dengan mengikuti event yang diadakan oleh pihak lain.
Dengan begini, logo dan nama jualan kita bisa diletakkan pada saat publikasi.
Influencer, selebriti, atau tokoh publik yang memiliki pengaruh dan kredibilitas tinggi di kalangan target pasar bisa jadi gimmick yang paling efisien.
Minta mereka untuk mereview, merekomendasikan, atau berkolaborasi dengan produk Anda untuk menciptakan produk baru.
Bisa juga dengan membuat kode promo khusus dengan nama si influencer atau selebriti tersebut.
Itulah beberapa ide gimmick untuk jualan makanan yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan daya saing dan omzet usaha kuliner Anda.
Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi Anda.
Selamat mencoba dan semoga sukses!
Sebagian isi artikel ini dibuat dengan menggunakan bantuan kecerdasan buatan.
Baca Juga: Murah dan Pasti Laku! Ini 5 Ide Jualan Rumahan Cuma Pakai Roti Tawar
Source | : | Copilot (AI) |
Penulis | : | Lena Astari |
Editor | : | Lena Astari |
Komentar