GridFame.id - Apakah Anda punya bisnis restoran di GoFood?
Kalau ya, mohon waspada ya!
Lewat media sosial X, seorang netizen mengabarkan kalau bisnisnya baru saja terkena modus penipuan.
'Awalnya, penipu memesan makanan dalam jumlah lumayan, kemudian saat driver sudah pick up, penipu menghubungi resto dan bilang bahwa kelebihan pesan makanan nih, minta dana dikembalikan melalui No Rek pribadi' tulisnya seperti yang dilansir pada Senin (13/5).
Netizen ini pun menyertakan tangkap layar bukti pemesanan pempek yang mencapai Rp647 ribu.
Dalam detail yang dikirim netizen tersebut, terdapat 2 jenis pesanan, yakni pempek isi 10 dipesan 6 pak dan isi 20 dipesan 3 pak.
Namun kemudian si pembeli ini menghubungi nomor kontak toko dan mengatakan kalau ia kelebihan memesan.
Ia pun meminta yang diserahkan ke driver hanya pempek isi 10 yang dipesan 6 pak.
Sementara yang isi 20 dipesan 3 pak minta dibatalkan dan refund uang yang minta ditransfer ke rekeningnya.
Yang mencurigakan, pembeli itu minta ditransfer saat itu juga.
Baca Juga: Modus Penipuan Mengaku DC Leasing Berujung Perampokan Kendaraan, Begini Modusnya
Sementara karyawan yang bertugas mengatakan bahwa dana baru bisa ditransfer besok karena ketentuan dari sistem baru akan masuk jam 1 pagi.
Setelah karyawan bersikeras mengatakan tidak bisa transfer saat itu juga, si penipu langsung minta cancel dan berkata kasar.
Rupanya, ini bukan kejadian yang pertama.
Netizen selaku pemilik resto mengatakan ini sudah kali kedua ada modus seperti itu.
Dikatakannya, penipu tersebut sengaja menyasar UMKM yang menjual makanan yang bisa dipesan dalam jumlah banyak agar si penjual tidak curiga.
Sekilas, si penjual sebenarnya bisa saja mengembalikan dana seperti permintaan penipu.
Toh ia tetap beli beberapa pesanan makanan.
Namun, diduga modus penipuan tersebut adalah upaya untuk mencairkan saldo GoPayLater.
Seperti yang diketahui, saldo GoPayLater tidak bisa dicairkan dan hanya bisa digunakan untuk memakai jasa di Gojek atau belanja di Tokopedia.
Baca Juga: Modus Penipuan Mengaku DC Leasing Berujung Perampokan Kendaraan, Begini Modusnya
Nah, ia sengaja belanja dengan menggunakan GoPayLater dan meminta pesanan yang dibatalkan untuk dijadikan tunai.
Sayangnya, hal ini bisa merugikan penjual karena kalau sampai sistem GoFood mengetahui si penjual melakukan hal tersebut, penjual bisa kena sanksi.
Modus penipuan seperti ini juga bisa terjadi di luar pesanan melalui GoFood.
Yang jelas sebagai penjual, kita harus waspada terhadap pembeli yang tiba-tiba membatalkan pesanan atau mengaku kelebihan transfer.
Selalu cek mutasi rekening sebelum mengembalikan dana dan selalu koordinasi dengan karyawan yang bertugas jika ada.
Baca Juga: Jangan Percaya! Ini Modus Baru DC Pinjol Supaya Percepat Bayar Tagihan Padahal Japo Masih Lama
Penulis | : | Lena Astari |
Editor | : | Lena Astari |
Komentar